Jumat 13 Aug 2021 06:30 WIB

Penyintas Covid-19 Disarankan Cek Jantung Tiap 6 Bulan

Setelah sembuh dari Covid-19, orang direkomendasikan untuk berkala periksa jantung.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Deteksi dini penyakit jantung (ilustrasi). Untuk menjaga kesehatan jantung, penyintas Covid-19 harus menjalani pemeriksaan jantung secara teratur setiap enam bulan.
Foto:

Sementara itu, Keerthi Prakash Kotla, seorang ahli patologi di Apllo Diagnostics di Pune, India mengatakan bahwa tes jantung untuk mengetahui fungsi organ ini harus dilakukan sedini mungkin.

Ia menyebut, tes EKG, rontgen dada, dan profil lipid adalah jenis pemeriksaan yang harus diulang setelah enam bulan pada individu berisiko tinggi, seperti mereka yang telah memiliki masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya seperti diabetes dan hipertensi.

“Tes-tes ini akan membantu menentukan apakah ada kerusakan pada jantung. Jangan lupa untuk melakukan tindakan lebih lanjut yang disarankan secara teratur juga,” jelas Kotla.

Selain melakukan pemeriksaan jantung secara rutin, penting untuk menjaga kesehatan organ ini dengan sejumlah kebiasaan baik yang dapat diterapkan sehari-hari. Pilihlah diet seimbang untuk menjaga nutrisi tubuh dan hindari makanan yang terlalu pedas, berminyak, mengandung pemanis buatan, serta junk food.

Olahraga secara rutin juga diperlukan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Tidak lupa, pantau tekanan darah dan kolestrol, serta jangan abaikan perubahan abnormal yang terjadi pada tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement