Jumat 27 Aug 2021 23:19 WIB

SMA Pradita Dirgantara Resmi Jadi IB World School

SMA Pradita Dirgantara resmi menjadi IB world School setelah ikuti verifikasi

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kegiatan para siswa di SMA Pradita Dirgantara yang berokasi di kompleks Bandara Adi Soemarno, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
Foto: SMA Pradita Dirgantara
Kegiatan para siswa di SMA Pradita Dirgantara yang berokasi di kompleks Bandara Adi Soemarno, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI – Setelah melalui proses berliku selama 10 bulan, SMA Pradita Dirgantara resmi menjadi International Baccalaureate (IB) World School. Kabar tersebut diterima jajaran manajemen pada Senin (23/8) melalui surel resmi dari pihak IB Organization yang ditujukan kepada Direktur Pengembangan SMA Pradita Dirgantara, Dwi A Yuliantoro.

Dwi mengungkapkan, SMA Pradita Dirgantara resmi menjadi IB world school setelah menyelesaikan beberapa verifikasi menyeluruh dari berbagai aspek sejak Juni 2020.

"Proses candidacy dimulai pada Juni 2020. Lalu, konsultan IB terus memonitoring dan membantu prosesnya mulai September 2020 sampai dengan April 2021," terang Dwi seperti dikutip dari website resmi SMA Pradita Dirgantara, Jumat (27/8).

Dwi menambahkan, setelah proses candidacy tersebut masih dibutuhkan proses consultation verification pada Februari 2021 sebagai simulasi verifikasi final. Pada proses paling krusial, yakni 28-29 Juli 2021, IB expert Toni Hewitt sebagai ketua tim verifikasi dan Amira Dzulkafli sebagai anggota tim melakukan authorization verification visit secara daring ke SMA Pradita Dirgantara. Pada proses ini, seluruh stakeholders menjawab semua pertanyaan yang diajukan saat proses wawancara oleh kedua IB expert tersebut.

Menurut Dwi, kurikulum IB mampu mendorong siswa untuk berwawasan global, berpikiran terbuka (open-minded), berkarakter, dan peka terhadap permasalahan sosial. Sehingga, siswa akan generasi muda yang produktif dalam menciptakan dunia yang lebih baik dengan mengedepankan respect dan intercultural understanding.

Selain itu, IB juga merupakan sebuah framework ekosistem sekolah, tidak hanya bidang kurikulum. IB Organization melakukan review dari visi misi sekolah, kurikulum, sarana-prasarana, sampai hubungan sekolah dengan stakeholders dalam berbagai standar yang telah ditetapkan.

"Framework IB tetap sejalan dengan kurikulum pendidikan nasional. Kolaborasi dan integrasi adalah kunci antara kurikulum nasional dengan IB," tegas Dwi.

Setelah resmi menjadi IB World School, SMA Pradita Dirgantara diharapkan dapat menghasilkan siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, melainkan menjadi calon-calon pemimpin dunia yang berkarakter dan kelak berkontribusi positif untuk komunitas dunia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ
Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam.

(QS. Al-A'raf ayat 54)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement