Kamis 02 Sep 2021 09:44 WIB

Pemborosan Pakai Kartu Kredit yang Sering Dilakukan

Pembelian alat elektronik menimbulkan pemborosan bagi pemegang kartu kredit.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Memiliki gaya hidup simpel dan praktis, kartu kredit memang identik dengan anak muda. Alat pembayaran yang satu ini banyak digunakan, terutama oleh anak muda yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. 

Kartu kredit dianggap bisa memenuhi gaya hidup anak muda yang selalu menginginkan tampil maksimal di setiap kesempatan. Bagaimana tidak, “uang plastik” ini bisa dipakai untuk membeli berbagai barang, bahkan saat tanggal gajian belum tiba.  

Menggunakan kartu kredit memang tidak ada salahnya, kamu tentu bisa mendapatkan sejumlah keuntungan di dalamnya. Namun pada praktiknya, tidak sedikit anak muda yang justru terjebak di dalam kubangan utang kartu kredit ini. 

Alasannya jelas, penggunaan yang tidak terkontrol dan berujung pada pemborosan. Hindari penggunaan kartu kredit yang tidak terencana seperti ini, agar kelak kamu tidak sampai terjerat hutang.

Berikut ini adalah beberapa pemborosan yang kerap dilakukan anak muda ketika menggunakan kartu kredit: 

 

1. Makanan dan minuman

makanan dan minuman

Duduk manis di kafe sambil menikmati secangkir kopi memang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman. Aktivitas seperti ini mungkin menjadi salah satu kebiasaan kamu setelah pulang kerja. 

Selain itu, menikmati akhir pekan dengan nongkrong atau bersantap lezat di restoran ternama juga tentu akan selalu menarik untuk dilakukan. Di lain waktu, kamu mungkin saja akan traktir teman-teman dan merayakan ulang tahunmu bersama mereka. 

Beberapa pengeluaran di atas tentu belum semuanya, sebab anak muda seperti kamu juga kerap menggunakan kartu kredit untuk delivery makanan online. Penasaran ingin mencicipi menu dari restoran baru, padahal belum tentu sesuai selera. 

Saat duduk santai di rumah, tiba-tiba ingin pesan kopi dari kafe yang mahal dan harganya bisa buat beli makan siang dua kali. Belum lagi untuk beli makan siang di kantor, karena kamu malas bawa bekal. 

Semua keinginan di atas tentu bisa kamu wujudkan dengan mudah, selama kamu memiliki limit di dalam kartu kredit. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah bulan depan kamu bisa melunasinya? 

Kemudahan yang diberikan kartu kredit justru bisa membuat kamu jadi lebih boros. Alih-alih menabung tiap bulan, yang ada semua uang kamu akan selalu habis untuk bayar tagihan. 

Baca Juga: Tagihan Kartu Kredit Bebas Jebol Kalau Pakai Cara Ini

2. Perangkat elektronik

perangkat elektronik

Anak muda tentu identik dengan berbagai teknologi terbaru. Jika tidak mengikuti, sebagian anak muda mungkin seolah-olah merasa “berdosa” dan tidak bahagia. 

Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, berbagai teknologi ini bahkan bisa saja tidak memberikan manfaat apa-apa untuk kehidupan mereka, sebab pada dasarnya memang tidak dibutuhkan sama sekali. Urusan yang satu ini juga banyak menimbulkan pemborosan bagi anak muda pemegang kartu kredit.

Membeli smartphone mahal dan persis di hari peluncurannya merupakan salah satu hal keren yang banyak dilakukan anak muda. Tidak tanggung-tanggung, demi mendapatkan iPhone terbaru, seluruh limit dalam kartu kredit harus dikuras hingga habis. 

Ini bukan jumlah kecil, nilainya bahkan bisa saja 3x jumlah gaji bulanan. Akibatnya bisa dibayangkan, setiap bulan kamu mungkin akan kewalahan untuk membayar cicilannya yang melelahkan. 

Baca Juga: Mengenal Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

3. Produk fashion

produk fashion

Membeli berbagai item fashion terbaru merupakan salah satu kebiasaan anak muda yang sering dilakukan menggunakan kartu kredit. Hal ini bahkan bisa saja dilakukan sepanjang waktu, bukan hanya di awal bulan ketika gajian tiba. 

Kemudahan mengakses berbagai fashion terbaru melalui marketplace seolah-olah mendukung keinginan belanja ini, apalagi jika dibarengi dengan penawaran diskon yang sangat menggugah keinginan belanja. 

Trend fashion memang selalu berubah, namun bukan berarti kamu harus mengikutinya dengan mati-matian. Kamu bisa saja menghabiskan banyak uang hanya demi membeli berbagai item fashion terbaru seperti ini. 

Sementara di lain sisi, perubahan trend yang begitu cepat justru akan membuat kamu menumpuk berbagai barang belanjaan ini di lemari. Alih-alih dipakai, kelak berbagai item fashion ini bahkan akan membuatmu pusing sendiri karena sudah tidak up to date.

Gunakan Kartu Kredit untuk Berbagai Hal yang Penting Saja

Memiliki kartu kredit memang akan memberikan kamu banyak kemudahan, termasuk untuk memenuhi berbagai keinginanmu. Kamu bisa membeli apa saja yang kamu inginkan, bahkan yang terbilang tidak perlu. Hindari penggunaan kartu kredit yang tidak terencana, agar kamu tidak boros dan membelanjakan uang untuk berbagai hal yang tidak penting. 

Baca Juga: Punya Kartu Kredit? Anda Harus Tahu Apa itu CVV atau CVC

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement