Ahad 12 Sep 2021 21:32 WIB

Argentina Gelar Pemilihan Pendahuluan

Sekitar setengah dari majelis rendah kursi deputi untuk diperebutkan - Anadolu Agency

Red: Nur Aini
Argentina menggelar pemilihan pendahuluan pada Ahad (12/9), menjelang pemilihan paruh waktu pada November.
Argentina menggelar pemilihan pendahuluan pada Ahad (12/9), menjelang pemilihan paruh waktu pada November.

 

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Argentina menggelar pemilihan pendahuluan pada Ahad (12/9), menjelang pemilihan paruh waktu pada November.

Baca Juga

Pemilihan pendahuluan digelar pertama pada 2009 dan tahap pertama memilih deputi dan senator, memperkuat kandidat untuk posisi parlemen di tingkat provinsi dan nasional. Pelamar adalah "pra-kandidat" tetapi dalam pemilihan umum, mereka dianggap kandidat.

Setiap partai harus mendapatkan setidaknya 1,5 persen dari total suara untuk ikut dalam pemilihan. Hasilnya kemungkinan akan membantu membentuk masa depan politik Argentina untuk membangun keseimbangan kekuatan politik di kedua majelis Kongres, dan akan menentukan kemampuan potensial pemerintah untuk meloloskan undang-undang.

Memilih adalah wajib bagi mereka yang berusia di atas 18 tahun, tetapi opsional bagi mereka yang berusia antara 16 dan 18 tahun, dan siapa pun yang lebih tua dari 70 tahun. Sekitar setengah dari kursi di majelis rendah deputi, 127 dari 257, diperebutkan, di samping sepertiga dari 24 dari 72 kursi Senat.

Pemungutan suara dilakukan saat Argentina mengalami inflasi tinggi, dan berada di tengah pandemi virus corona. Karena dampak virus, beberapa pemilih akan memberikan suara di pusat-pusat di luar distrik mereka.

Kesenjangan politik telah muncul pada persepsi persepsi salah urus selama pandemi -- terutama dengan pengunduran diri Menteri Kesehatan Gines Gonzalez Garcia pada Februari. Itu bisa menjadi pemilu yang sulit bagi Partai Peronis yang berkuasa di Provinsi Buenos Aires karena efek ekonomi dari lockdown di ibu kota.

Bocoran foto pesta ulang tahun ibu negara selama lockdown pada 2020 juga mengakibatkan seruan untuk memakzulkan Presiden Alberto Fernandez oleh oposisi. Para peserta difoto di dalam ruangan dan tanpa masker selama salah satu penguncian paling ketat di dunia.

Pada awal Agustus, Fernandez mengeluarkan permintaan maaf publik untuk pertemuan itu, dan dikatakan bahwa pemakzulan tidak mungkin berhasil karena kekuasaan yang dipegang di Senat oleh Partai Peronis. Dalam hal strategi politik, Partai Peronis fokus menyoroti dampak ekonomi dari pemerintahan mantan Presiden Mauricio Macri, sementara pihak oposisi menyoroti persepsi salah urus selama pandemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement