Rabu 22 Sep 2021 06:53 WIB

5 Jurus Memulai Kurangi Asupan Makanan Manis

Keinginan untuk mengonsumsi makanan manis jarang didorong oleh rasa lapar.

Rep: Farah Noersativa, Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Penggemar makanan manis akan memiliki penumpukan lemak di area pinggang dan perut.
Foto: EPA
Penggemar makanan manis akan memiliki penumpukan lemak di area pinggang dan perut.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Mengidam makanan manis bisa jadi hal yang sangat rumit. Ada kalanya orang merasa membutuhkan sesuatu yang manis untuk meredam kecemasan, ada juga yang menyantapnya untuk menandai babak akhir makannya.

Hanya saja, keinginan mengidam makanan manis jarang didorong oleh rasa lapar. Sebagian besar, itu dipicu oleh keinginan semu semata.

Baca Juga

Baik itu setelah sarapan atau makan malam, selama ujian atau tepat sebelum terikat pekerjaan yang penting, tak dimungkiri hasrat untuk makan manis pasti akan terjadi karena dianggap mengurangi dampak pada kesehatan mental. Padahal, pada faktanya, sorang tidak dapat berhenti setelah mencicipinya.

Ahli gizi dan ahli diet percaya bahwa mengidam gula adalah alasan utama yang bertanggung jawab atas ketidakmampuan seseorang untuk tetap berpegang pada diet yang sehat. Berikut beberapa tip yang direkomendasikan ahli untuk mengatasi godaan makanan manis, dilansir laman Times Now News, Senin (20/9).

1. Hindari melewatkan makan

Dalam hal penurunan berat badan, seseorang mungkin merasa perlu melewatkan makan untuk mengurangi asupan kalori. Ternyata, itu bisa berkontribusi pada keinginan mengidam makanan manis sehingga meningkatkan asupan kalori secara drastis, dan penambahan berat badan dalam jangka panjang.

Sebagai gantinya, para ahli merekomendasikan untuk memasukkan makanan kaya serat dan protein dalam diet. Hal itu ditujukan untuk menghindari rasa lapar dan menyebabkan rasa kenyang.

2. Pilih pemanis yang alami dan sehat

Sesekali menuruti keinginan makan yang manis-manis mungkin tidak terlalu membahayakan kesehatan. Itu bisa juga berdampak positif pada kesejahteraan mental.

Saat menginginkan makanan manis, para ahli merekomendasikan pilihan yang lebih sehat. Coba ambil buah-buahan, campuran kacang-kacangan, atau bahkan sepotong cokelat hitam.

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur, menurut para ahli kesehatan, adalah salah satu penyebab utama yang bertanggung jawab untuk mengidam makanan manis. Oleh karena itu, tidurlah tepat waktu dan lebih awal. Pastikan mendapat tidur minimal delapan jam untuk mencegah keinginan mengidam makanan penutup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement