Selasa 21 Sep 2021 13:42 WIB

PON XX Papua Tonggak Sejarah E-Sport Indonesia

PBESI juga menyelenggarakan pertandingan persahabatan Lokapala.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo PON XX Papua
Foto: Istimewa
Logo PON XX Papua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan menjadi tonggak bersejarah bagi olahraga e-sport Indonesia. Ini pertama kalinya e-sport dipertandingkan di ajang multi Cabor walaupun hanya sebagai laga eksebisi yang digelar di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Torehan ini selain diharapkan akan makin menggairahkan dinamika serta menguatkan ekosistem e-sport Tanah Air, juga berpotensi memacu peningkatan kontribusi ekonomi digital Indonesia.

Wakil Ketua Umum/Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Komisaris Jenderal Pol. Bambang Sunarwibowo, dalam jumpa pers daring Selasa (21/9)  mengatakan bahwa penggelaran Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 memiliki misi dan makna yang luas.

Selain untuk pengembangan dan barometer prestasi e-sport nasional yang dibina oleh daerah, keberhasilan Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 berpotensi mendorong laju ekonomi kreatif digital yang digerakkan oleh makin bertumbuhnya industri pengembang gim lokal dan bisnis-bisnis kreatif lain yang terkait.