Ahad 26 Sep 2021 16:15 WIB

Survei: 10 Persen Masyarakat tak Takut Tertular Covid-19

Survei indikator juga menyebutkan mayoritas tak ingin PPKM dilanjutkan

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Nashih Nashrullah
Survei indikator juga menyebutkan mayoritas tak ingin PPKM dilanjutkan. Ilustrasi PPKM
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Survei indikator juga menyebutkan mayoritas tak ingin PPKM dilanjutkan. Ilustrasi PPKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekira 37 persen masyarakat takut tertular Covid-19. Namun yang mengkhawatirkan baginya, ada sekira 10 sampai 15 persen masyarakat yang tidak takut sama sekali tertular virus tersebut.

Direktur Ekskutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan dalam data yang dipaparkannya, 15,3 persen mengaku merasa jarang takut tertular Covid-19. Sedangkan 10,0 persen lainnya mengaku tidak takut sama sekali tertular virus asal China tersebut. 

Baca Juga

"Di beberapa wilayah yang menyuarakan ketidaktakutannya tertular Covid-19 gitu yah dan mungkin itu menjelaskan mengapa mereka yg tidak takut masih mencapai kisaran seperempat dari proporsi pemilih kita," ujar Burhanuddin dalam diskusi daring, Ahad (26/9). 

Adapun 35,3 persen responden menyatakan kadang-kadang takut tertular Covid-19. Angka tersebut disebut Burhanuddin tidak terlalu berubah dari survei yang digelar pada Juli 2021. 

Di samping itu, 67,3 persen masyarakat menilai bahwa pembatasan sosial tidak perlu dilaksanakan lagi oleh pemerintah. Menurut responden, setiap warga harus menjaga kesehatan diri dan keluarga masing-masing. "Sedangkan 20,9 persen responden merasa pembatasan sosial perlu dilakukan," ujar Burhanuddin. 

Indikator Politik Indonesia melakukan survei ini pada 17 hingga 21 September 2021, dengan 1.200 responden menggunakan metode simple random sampling. Adapun toleransi kesalahan atau margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen. 

Sampel responden berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Dengan situasi pandemi Covid-19, Indikator Politik Indonesia melaksanakan survei dengan kontak telepon kepada responden.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement