Wednesday, 16 Jumadil Akhir 1443 / 19 January 2022

Wednesday, 16 Jumadil Akhir 1443 / 19 January 2022

Chiellini Jagokan Jorginho Raih Ballon d'Or 2021

Kamis 30 Sep 2021 17:30 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

 Jorginho dari Chelsea memegang trofi yang dimenangkannya sebagai pemain terbaik UEFA tahun ini sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Grup H Liga Champions antara Chelsea dan Zenit St Petersburg di Stadion Stamford Bridge di London Selasa, Rabu (15/9) dini hari WIB.

Jorginho dari Chelsea memegang trofi yang dimenangkannya sebagai pemain terbaik UEFA tahun ini sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Grup H Liga Champions antara Chelsea dan Zenit St Petersburg di Stadion Stamford Bridge di London Selasa, Rabu (15/9) dini hari WIB.

Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Jorginho berhasil mengawinkan gelar Liga Champions dan Piala Eropa dalam semusim.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bek tengah Juventus, Giorgio Chiellini, berharap rekan setimnya di timnas Italia, Jorginho, bisa menyabet gelar pesepak bola terbaik sejagat versi France Football, Balon d'Or 2021. Menurutnya, Jorginho merupakan salah satu pemain kunci dalam keberhasilan Gli Azzurri memboyong titel Euro 2020.

Musim 2020/2021 bisa dibilang menjadi musim terbaik Jorginho, terutama dalam hal raihan trofi. Setelah berhasil mengantarkan Chelsea ke singgasana juara Liga Champions, gelandang keturunan Brasil itu sukses membawa Gli Azzurri menjadi yang terbaik di pentas Euro 2020.

Jorginho pun menjadi pemain kesepuluh yang berhasil mengawinkan gelar Liga Champions dan titel Piala Eropa dalam satu musim kompetisi. Berkat peran sentralnya dalam mengantarkan Gli Azzurri merengkuh titel Euro 2020, Jorginho terpilih sebagai pemain terbaik Euro 2020.

Penghargaan ini dilengkapi gelandang berusia 29 tahun itu dengan gelar pemain terbaik Eropa 2021. Dengan berbagai capaian dan kontribusi buat semua tim yang diperkuatnya pada sepanjang musim lalu, Jorginho, pun masuk dalam salah satu kandidat terkuat peraih gelar Ballon d'Or 2021.

''Saya harap, dia bisa menyabet gelar Ballon d'Or. Selain sebagai teman, sebagai orang Italia, saya juga akan bangga apabla dia berhasil meraihnya. Dia adalah pemain kunci dalam sistem permainan kami (timnas Italia). Kami berhasil meraih begitu banyak kemenangan lantaran kehadirannya,'' ujar Chiellini seperti dilansir Marca, Kamis (30/9).

Dari segi torehan gol, Jorginho dianggap bakal kalah bersaing dengan kandidat peraih Ballon d'Or 2021 lainnya, seperti Robert Lewandowksi dan Lionel Messi. Namun, dari segi kontribusi terhadap permainan tim, peran eks gelandang Napoli itu tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kerap ditempatkan sebagai deep lying playmaker, Jorginho dinilai mampu mengatur ritme permainan tim seraya bisa memberikan variasi dan dimensi yang berbeda dalam skema serangan tim. Kemampuan ini pula yang mampu terus diasah Jorginho, terutama saat bekerja sama dengan pelatih Roberto Mancini di timnas Italia.

''Saya selalu menganggap Jorginho sebagai pemain yang luar biasa, bahkan saat baru dua kali berlatih bersamanya. Dia juga menunjukkan perkembangan begitu pesat saat bekerja sama dengan Roberto Mancini,'' ujar Chiellini.

Rencananya, penganugerahan Ballon d'Or 2021 akan digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, pada 29 November 2021. Ini menjadi gelaran Ballon d'Or pertama usai tahun lalu terpaksa ditiadakan lantaran pandemi Covid-19.

Nantinya, sebanyak 180 jurnalis sepak bola akan memilih satu pemain dari 30 daftar kandidat, yang bakal dirilis secara resmi pada awal Oktober nanti.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile