Jumat 01 Oct 2021 15:58 WIB

Survei: Mayoritas Setuju Pancasila tak Boleh Diubah

Pancasila dinilai rumusan terbaik.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Muhammad Hafil
Survei: Mayoritas Setuju Pancasila tak Boleh Diubah. Foto:   Ilustrasi Mata Pelajaran Pancasila
Foto: Republika/Mardiah
Survei: Mayoritas Setuju Pancasila tak Boleh Diubah. Foto: Ilustrasi Mata Pelajaran Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei mengenai ‘Sikap Publik pada Pancasila dan Ancaman Komunis pada Jumat (1/10). Mayoritas responden atau 82 persen setuju dengan pernyataan, Pancasila adalah rumusan terbaik dan tidak boleh diubah atas alasan apa pun bagi Indonesia yang lebih baik.

“Kita sodorkan empat pilihan pernyataan itu kepada warga dan kita melihat bahwa ada 82 persen yang memilih atau setuju dengan pandangan yang terakhir,” ujar Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad dalam acara rilis hasil survei secara daring.

Baca Juga

Dia menuturkan, SMRC memberikan empat pernyataan kepada responden untuk dipilih. Ketiga pernyataan lainnya hanya mengantongi 1-10 persen responden yang setuju, sedangkan terdapat 5 persen responden yang tidak menjawab atau tidak tahu.

Ketiga pernyataan tersebut yakni Pancasila sebagian besar harus diubah untuk membuat Indonesia lebih baik (2 persen). Beberapa sila dari Pancasila perlu diubah atau dihapuskan untuk membuat Indonesia lebih baik (1 persen). Walaupun Pancasila buatan manusia dan karena itu mungkin ada kekurangan, sejauh ini paling pas bagi kehidupan Indonesia yang lebih baik (10 persen).