Selasa 05 Oct 2021 16:32 WIB

Turki Kirim 33 Ton Bantuan Makanan ke Afghanistan

Dubes Turki untuk Kabul mengatakan Ankara akan terus membantu rakyat Afghanistan

Red: Christiyaningsih
Dubes Turki untuk Kabul mengatakan Ankara akan terus membantu rakyat Afghanistan.
Dubes Turki untuk Kabul mengatakan Ankara akan terus membantu rakyat Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL - Turki telah mengirimkan 33 ton bantuan pangan ke Afghanistan, kata Duta Besar Ankara di Kabul Cihad Erginay pada Senin.

Berbicara pada upacara penyerahan bantuan di ibu kota Afghanistan Kabul, Dubes Turki mengatakan, "Bulan Sabit Merah Turki dan lembaga Turki lainnya akan terus membawa bantuan ke Afghanistan dan rakyat Afghanistan. Ini adalah tugas kemanusiaan."

Baca Juga

Bulan Sabit Merah Turki baru-baru ini menyerahkan bantuan makanan kepada Bulan Sabit Merah Afghanistan.

“Bantuan hari ini merupakan babak baru, kami telah memberikan bantuan sembako dalam jumlah yang lebih besar, total 33 ton. Hampir 2.000 paket bantuan akan didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan pangan 16.000 orang selama satu bulan,” kata Erginay.

Dia mengatakan orang-orang Afghanistan telah menderita selama bertahun-tahun karena bencana alam seperti kekeringan dan pandemi virus korona selain masa transisi baru-baru ini setelah pengambilalihan otoritas oleh Taliban.

"Turki mengulurkan tangan membantu untuk menghilangkan penderitaan ini," kata Erginay, mendesak semua negara untuk menyalurkan bantuan ke Afghanistan.

Kepala Bulan Sabit Merah Afghanistan Mawlawi Said Sefatullah Quraishi, pada bagiannya, berterima kasih kepada Bulan Sabit Merah Turki atas bantuannya.

“Afghanistan baru saja keluar dari perang. Krisis kemanusiaan meningkat. Jumlah orang yang terkena dampak kekeringan dan masalah ekonomi mencapai 19 dan 25 juta orang di seluruh negeri,”  tutur Quraishi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement