Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

 

19 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menko PMK: Kesetaraan Gender Percepat Pembangunan

Rabu 13 Oct 2021 11:27 WIB

Red: Ratna Puspita

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Foto: Republika/Abdan Syakura
Kesetaraan gender akan dapat meningkatkan PDB global sekitar 26 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan terwujudnya kesetaraan gender akan dapat meningkatkan pendapatan domestik bruto atau PDB global sekitar 26 persen. "Sebaliknya, kegagalan dalam mewujudkan kesetaraan gender dalam enam tahun ke depan akan menyebabkan Indonesia berpotensi kehilangan 135 miliar dolar AS dalam PDB tahunan," kata Muhadjir pada acara Penyerahan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang disiarkan secara daring di Jakarta, Rabu (13/10).

 

Dengan demikian, peningkatan kesetaraan gender berkaitan erat dengan percepatan pembangunan. Untuk itu, perlu peran pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan yang berkeadilan, merata bagi perempuan maupun laki-laki dengan mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Baca Juga

Kemenko PMK memberikan apresiasi kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beserta jajaran atas terselenggaranya acara Penyerahan Penghargaan APE 2020. "Saya mengucapkan selamat kepada Kementerian/ Lembaga dan Pemda yang telah mendapatkan penghargaan APE tahun 2020, baik untuk kategori Mentor, Utama, Madya maupun Pratama. Saya meminta kepada para pimpinan K/L dan kepala daerah agar betul-betul menerapkan PUG di dalam proses penyusunan dan pelaksanaan kebijakan masing-masing. Mari bahu-membahu bergandengan tangan meningkatkan pembangunan yang responsif gender," kata Menko Muhadjir.

Pada Rabu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kepada 13 kementerian/ lembaga, 29 provinsi dan 266 kabupaten/ kota sebagai bentuk penghargaan atas upaya yang telah dilakukan kementerian/ lembaga maupun pemda dalam melaksanakan strategi pengarusutamaan gender di instansi/ wilayah mereka. Acara pemberian penghargaan APE Tahun 2020 ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan The 4th ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile