Senin 18 Oct 2021 08:22 WIB

Dosen SV IPB University Lakukan Pemberdayaan Perempuan 

Pemberdayaan  dilaksanakan melalui pelatihan kewirausahaan dan digital marketing.

Red: Irwan Kelana
Dosen Sekolah Vokasi  IPB University melakukan pemberdayaan perempuan melalui pelatihan kewirausahaan dan digital marketing.
Foto: Dok IPB University
Dosen Sekolah Vokasi IPB University melakukan pemberdayaan perempuan melalui pelatihan kewirausahaan dan digital marketing.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dosen Mengabdi IPB University melaksanakan sosialisasi  kewirausahaan dan digital marketing di Kampung Cibanteng Agathis, Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, pekan lalu. Bentuk kewirausahaan yang ditawarkan adalah memanfaatkan minyak jelantah menjadi sabun maupun lilin. Sosialiasi yang dilakukan secara offline ini dihadiri sedikitnya 17 ibu-ibu PKK di kampung tersebut.

Pembicara dalam sosialisasi tersebut adalah Silvia Dewi Sagita Andik, Beata Ratnawati, dan Ayutyas Sayekti yang merupakan dosen IPB University dari Sekolah Vokasi.

Beata Ratnawati, dosen IPB University dari Program Studi Teknik dan Manajemen Lingkungan mengatakan, sosialisasi kewirausahaan ini dilakukan dalam rangka membantu pemulihan ekonomi masyarakat setempat akibat pandemi Covid-19. Ia menyebut, salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan adalah dengan mengolah minyak jelantah menjadi sabun maupun lilin.

“Kegiatan mengolah sabun dari minyak jelantah, selain merupakan kegiatan recycle dan pelestarian lingkungan, juga dapat memberikan tambahan penghasilan untuk ibu-ibu dari limbah rumah tangga yang dihasilkan setiap harinya,” tambah Beata Ratnawati dalam rilis yang diterima Republika.co.id.