Kamis 11 Nov 2021 07:23 WIB

Polisi Diminta Tindak Tegas Pelaku Tawuran di Bantul

Kekerasan antargeng bisa merusak citra Yogyakarta sebagai kota pelajar.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ilham Tirta
Ilustrasi geng pelajar tawuran.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi geng pelajar tawuran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Jogja Police Watch (JPW) mengecam aksi kekerasan berupa tawuran antar geng pelajar yang mengakibatkan pelajar di Bantul meninggal dunia. JPW mendukung kepolisian melakukan penegakan hukum kepada pelaku dugaan kekerasan antargeng tersebut.

Kadiv Humas Jogja Police Watch, Baharuddin Kamba mengatakan, tindakan tegas ke pelaku tawuran bisa menjadi contoh efek jera bagi pelaku yang lainnya. Sebab, aksi kekerasan antargeng jelas merusak citra Yogyakarta sebagai kota pelajar.

 

JPW meminta sekolah harus menciptakan lingkungan pendidikan yang memberikan ketenangan, keamanan, dan kenyamanan peserta didik untuk belajar. "Hukum harus ditegakkan agar kasus serupa tidak terulang kembali. Pemaksimalan hukuman terhadap pelaku harus diberikan agar betul-betul memberikan efek jera," kata Baharuddin melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (10/11).

Baca juga:

Ia mengingatkan, jangan sampai baru dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk SMA/SMK/sederajat di tengah pandemi Covid justru aksi kekerasan meningkat. Perhatian perlu pula diberikan Disdikpora DIY, sekolah, orang tua, dan komite.

Baharuddin meminta mereka segera melakukan evaluasi secara total dan tuntas terhadap aksi kekerasan antar geng pelajar tersebut. Jika diperlukan, gelar kesepakatan dan komitmen bersama tentang sanksi yang diberikan pihak sekolah, terutama kepada pelajar yang terlibat aksi kekerasan antargeng.

Pelajar yang terbukti melakukan kekerasan antargeng pelajar bisa dikembalikan ke orang tua atau wali murid selain proses hukum atau pemidanaan. Selain itu, kepolisian seharusnya sudah sejak lama melakukan pemetaan terhadap geng-geng pelajar.

Baharuddin menekankan, polisi perlu rutin melakukan razia cyber crime untuk menghindari aksi kekerasan antar geng pelajar terjadi kembali. "Peran orang tua dan wali murid sangat dominan untuk mencegah terjadinya aksi kekerasan antar geng pelajar," ujar Baharuddin.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Mujadalah ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement