Jumat 19 Nov 2021 08:36 WIB

Tips Menyimpan Barang di Rumah

Agar rumah tampak rapi, coba atur kembali penyimpanan barang-barang.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Rumah dapat menjadi lebih rapi dan nyaman ketika barang-barang tersimpan dan terpajang dengan baik. (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Rumah dapat menjadi lebih rapi dan nyaman ketika barang-barang tersimpan dan terpajang dengan baik. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat suasana rumah menyenangkan menjadi sebuah hal yang penting. Apalagi, saat ini dunia masih dilanda pandemi yang membuat banyak orang harus menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tinggal mereka masing-masing.

Untuk membuat rumah menjadi nyaman dan menyenangkan untuk dilihat, cara Anda menyimpan barang-barang sangat berpengaruh. Eri Jan Middelhoven, manajer di bidang Perabotan Rumah & Desain Ritel di IKEA India, mengatakan bahwa tempat penyimpanan dapat memainkan peran penting agar rumah dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga

Saat sedang mencari tempat penyimpanan di area ruang tamu maupun kamar tidur atau ketika ingin mengatur rak buku agar terlihat lebih rapi dan menarik, Anda dapat menandai ide-ide penyimpanan kreatif. Berikut beberapa tips dari Middelhoven untuk mengatur penyimpanan barang di rumah dan membuat suasana tempat tinggal menjadi lebih menyenangkan.

Sesuai keperluan

Sesuaikan barang yang disimpan dengan situasi kehidupan yang dijalani. Banyak orang lebih suka penyimpanan tertutup karena di tempat tinggalnya lembap dan berdebu.

Kalau Anda ingin barang-barang tertentu tak terlihat oleh tamu, ingin menjaganya terlindung dari debu, dan memberi kesan rapi, pilih penyimpanan yang berpenutup. Sebaliknya, Anda juga bisa memajang benda koleksi untuk diperlihatkan.

"Jika memiliki beberapa koleksi dan ingin memajangnya, Anda mungkin dapat memilih pintu kaca," ujar Middelhoven, dikutip dari Indian Express, Kamis (18/11).

Kombinasi

Pilih rak fleksibel yang merupakan kombinasi dari rak dalam untuk barang besar dan rak dangkal untuk barang kecil. Sebisa mungkin gunakan laci yang mudah diakses, terutama untuk penyimpanan bagian dalam.

Anda dapat memilih untuk mengelompokkan barang-barang berdasarkan fungsi. Sebagai contoh, alat elektronik dalam berbagai kotak, semua jenis pengisi daya disatukan, termasuk kabel dan lainnya.

Barang sehari-hari

Dalam aktivitas sehari-hari, Anda cenderung mencari keperluan seperti pakaian dan peralatan untuk bekerja atau sekolah, atau apapun yang terkait rutinitas yang dilakukan saat ini. Karena itu, barang-barang atau benda-benda yang diperlukan dalam kegiatan ini harus disimpan di tempat yang mudah dijangkau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement