REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform e-commerce Blibli mencatatkan kenaikan empat kali pesanan saat Hari Belanja Online Nasional 12.12 dibandingkan hari biasa.
Dikutip dari siaran pers, Jumat (24/12), peningkatan pesanan tersebut terjadi selama masa promosi "Dikagetin Histeria 12.12" yang digelar pada 3-14 Desember. Kenaikan ini terjadi di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Blibli juga mendapatkan peningkatan pesanan yang ditangani gudang (warehouse) dan lonjakan lalu lintas di lama , masing-masing sebesar empat kali lipat. Selama masa promosi Harbolnas tersebut, platform dagang lokal ini mencatat kategori favorit konsumen mereka adalah Bliblimart, untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Perilaku ini mematahkan asumsi bahwa belanja konsumen saat Harbolnas untuk produk tersier seperti gawai.
Selain itu, kategori Blibli Travel juga mengalami kenaikan 4,2 kali lipat dibandingkan hari biasa, dengan produk antara lain tiket penerbangan, tiket atraksi, kupon perjalanan dan pemesanan hotel. Peristiwa ini menunjukkan minat masyarakat untuk bepergian saat musim liburan.
Kesiapan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan juga ditunjukkan lonjakan permintaan untuk payung, yang naik 10 kali lipat pada musim hujan ini. Sementara itu, untuk layanan pengiriman, konsumen memilih jasa pengantaran yang sampai dalam dua jam untuk Harbolnas 12.12 lalu. Penggunaan layanan itu naik hingga tiga kali lipat saat musim belanja kemarin.