Senin 27 Dec 2021 02:45 WIB

Ramai-Ramai Vaksinasi Berhadiah

Pemberian hadiah dapat meningkatkan antusiasme masyarakat untuk divaksinasi.

Red: Friska Yolandha
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dari Sinovac kepada seorang warga saat pelaksanaan bervaksin sambil berbelanja, di Pasar Sentra Antasari, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (3/11). Pemberian hadiah dapat meningkatkan antusiasme masyarakat untuk divaksinasi.
Foto:

 

137.000 per hari

Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Hidayatullah Muttaqin mengatakan usaha mencapai target vaksinasi dosis 1 sebesar 70 persen dari jumlah penduduk di Kalimantan Selatan mendapat tantangan besar. Per 25 Desember 2021, jumlah penduduk yang telah mendapatkan suntikan dosis 1 sebanyak 2,03 juta jiwa, sedangkan dosis 2 sekitar 1,22 juta orang.

Ini artinya vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 50 persen, sedangkan vaksinasi dosis 2 atau vaksinasi lengkap 30 persen dari jumlah penduduk. Jumlah penduduk Kalsel berdasarkan sensus 2020 adalah 4,07 juta jiwa. Untuk mencapai target vaksinasi sebesar 70 persen dari populasi, maka sebanyak 2,85 juta penduduk harus divaksinasi. Sementara target pemerintah untuk vaksinasi 3,16 juta orang.

Berdasarkan data tersebut, untuk mencapai target 70 persen populasiper 31 Desember, maka diperlukan laju vaksinasi dosis 1 per hari rata-rata sebanyak 137 ribu orang. "Untuk merealisasikan hal tersebut cukup sulit mengingat satu pekan terakhir rata-rata laju vaksinasi dosis 1 sekitar 25 ribu suntikan per hari," kata Muttaqin.

Meskipun begitu, terdapat peningkatan signifikan jumlah penduduk yang divaksinasi. Laju vaksinasi per hari dalam satu pekan terakhir sudah dua kali lipat dari jumlah rata-rata vaksinasi per hari pada satu pekan terakhir November 2021.

Jika laju vaksinasi dosis 1 sebanyak 25 ribu suntikan per hari dapat dipertahankan, maka target 70 persen penduduk akan terpenuhi pada akhir bulan Januari 2022. Namun, jika setiap pekan dari awal Januari rata-rata vaksinasi per hari meningkat 25 persen target 70 persen penduduk divaksinasi dosis 1 akan tercapai pada pekan ketiga Januari.

Diungkapkan Muttaqin saat ini daerah yang paling tinggi capaian vaksinasi dosis 1 dari jumlah penduduk adalah Kabupaten Balangan yaitu 60 persen. Kemudian Banjarbaru dan Banjarmasin sebesar 59 persen, Tanah Bumbu 55 persen, dan Hulu Sungai Tengah 51 persen.

Adapun daerah dengan vaksinasi dosis 2 paling tinggi adalah Kota Banjarbaru 50 persen, kemudian Banjarmasin 45 persen, kemudian Tanah Bumbu 39 persen.Masih terbatasnya capaian vaksinasi di Kalimantan Selatan memerlukan dukungan dan kolaborasi antara pemerintah daerah, TNI/Polri dan masyarakat. 

Di samping tantangan datang dari daerah yang sulit dijangkau, usaha vaksinasi juga mendapat kendala dari masyarakat yang masih ragu untuk divaksinasi atau tidak percaya vaksin karena termakan informasi yang tidak benar. Untuk itulah, sosialisasi dan edukasi sangat mereka perlukan, terutama dengan dukungan dari masyarakat sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement