Kamis 30 Dec 2021 15:18 WIB

5 Tempat Ini Paling Rawan Tertular Covid-19

Penularan Covid-19 seringkali berasal dari kelima tempat ini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Meski saat ini sudah memasuki momen libur tahun baru, penularan Covid-19 tak mengenal hari libur.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan/wsj.
Meski saat ini sudah memasuki momen libur tahun baru, penularan Covid-19 tak mengenal hari libur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski saat ini sudah memasuki momen libur tahun baru, penularan Covid-19 tak mengenal hari libur. Oleh karena itu, penting untuk tetap bersikap waspada agar tak tertular Covid-19, khususnya saat menyambangi tempat-tempat paling berisiko untuk memicu penularan.

Selama pandemi ini, Dr Sanjay Gupta menilai, ada lima tempat umum yang patut diwaspadai. Alasannya, penularan Covid-19 sering kali terjadi di kelima tempat tersebut.

Baca Juga

"Benar-benar di lima lokasi utama inilah transmisi virus terjadi di masyarakat kita," ujar Dr Gupta, seperti dilansir EatThis, Kamis (30/12).

 

Hotel

Menginap di hotel menjadi salah satu kegiatan yang cukup umum dilakukan pada libur tahun baru. Hanya, hotel dinilai memiliki risiko lebih tinggi sebagai tempat terjadinya penularan Covid-19, khususnya di area umum di mana para tamu berkumoul seperti area tempat sarapan. Berdiam diri di rumah masih menjadi cara terbaik untuk melindungi diri dari penularan Covid-19 menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

 

Bar

Saat merayakan pergantian tahun, bar merupakan salah satu destinasi populer yang dikunjungi banyak orang. Akan tetapi, di tempat seperti ini pula biasanya penggunaan masker dan jaga jarak fisik terabaikan. Hal ini membuat risiko penularan Covid-19 menjadi lebih tinggi.

 

Kafe

Berdasarkan model pemetaan terbaru yang memanfaatkan data ponsel, kafe diketahui sebagai slaah satu lokasi yang paling sering memicu penularan Covid-19 di Amerika Serikat. Peningkatan risiko semakin signifikan bila kafe beroperasi dengan kapasitas penuh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement