REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Pasar mobil listrik atau electric vehicle (EV) adalah pasar yang sangat potensial. Peluang ini pun berhasil dioptimalkan oleh Tesla.
Namun, dalam beberapa tahun ke depan, sepertinya Tesla akan menghadapi sejumlah rival yang cukup sengit. Karena, sejumlah pabrikan lain yang juga berasal dari Amerika Serikat (AS) juga bersiap untuk serius menggarap pasar EV.
Dikutip dari Reuters pada Jumat (7/1/2022), sejumlah pabrikan AS yang ingin serius menggarap pasar EV diantaranya adalah General Motors (GM) dan Ford.
GM merupakan pabrikan yang telah menyiapkan strategi yang cukup agresif. GM menargetkan untuk bisa menghadirkan 30 EV hingga tahun 2025.
Beberapa produk yang segera meluncur diantaranya adalah Cadillac Lyric dan Chevrolet Silverado. Kedua produk itu rencananya akan diluncurkan pada tahun ini dan tahun depan.
Untuk Ford, rencananya pabrikan itu akan meluncurkan F-150 EV pada musim semi tahun ini. Selanjutnya, pada tahun depan Ford akan mulai memasarkan EV dalam wujud Van yang disebut dengan E-Transit.
Selain GM dan Ford, pasar EV juga diramaikan oleh Lucid. Setelah sukses memasarkan produk pertamanya pada Oktober tahun lalu, pabrikan ini pun melanjutkan aksinya untuk memperluas cakupan pasar.
Tahun ini, Lucid berencana untuk mulai menjangkau pasar Eropa. Selain itu, Lucid juga menargetkan untuk mampu memasarkan 20 ribu unit kendaraan pada sepanjang 2022.
Selain itu, pabrikan lain yang juga menyasar pasar EV adalah Rivian dan Nikola. Dengan banyaknya pemain pasar, maka hal ini membuat masyarakat mendapat opsi EV yang makin beragam sesuai kebutuhanya masing-masing.