Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membuat Kulit dan Rambut Segar Setelah Mandi

Sabtu 15 Jan 2022 21:25 WIB

Red: Nora Azizah

Banyak hal bisa dilakukan setelah mandi agar kulit, rambut, hingga mood lebih segar.

Banyak hal bisa dilakukan setelah mandi agar kulit, rambut, hingga mood lebih segar.

Foto: www.freepik.com.
Banyak hal bisa dilakukan setelah mandi agar kulit, rambut, hingga mood lebih segar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi merupakan rutinitas yang dilakukan untuk membersihkan diri dan membuat tubuh terasa segar, namun masih banyak orang melakukannya dengan cara yang kurang tepat. Teknik yang tepat saat mandi dapat membuat kulit bercahaya, rambut berkilau dan meningkatkan suasana hati. Jika saat mandi mulai fokus untuk memikirkan kesehatan kulit dan rambut, maka Anda akan merasakan perbedaannya sepanjang hari.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat kulit, rambut dan pikiran terasa segar setelah mandi, berikut ini adalah tipsnya dilansir Boldsky, Ahad (16/1/2022). 

Baca Juga

 

Sikat kulit mati

Bersihkan sisa-sisa kulit mati dan kotoran dengan sikat. Pastikan Anda menggunakan sikat bulu alami dan lakukan 2-3 kali sikatan di tiap area. 

 

Cuci muka dengan air hangat, lalu dingin

Mencuci wajah dengan air hangat dapat membuka pori-pori, sehingga produk dapat menembus kulit dan melawan jerawat. Kemudian bilas dengan air dingin. 

Air dingin menutup pori-pori, sebab pori-pori yang terbuka bisa membuat bakteri masuk. Anda dapat mencuci muka di wastafel daripada mandi air dingin karena dapat memercikkan air ke wajah tanpa menyiram seluruh tubuh.

 

Menggunakan masker wajah

Anda selalu dapat membuat masker di rumah dengan bahan-bahan alami. Misalnya, jus lemon dan susu untuk membuat pasta halus dan terapkan pada wajah, lalu tunggu hingga mengering kemudian bilas.

 

Gunakan pelembab

Anda harus mengoleskan pelembab segera setelah keluar dari kamar mandi. Ini akan mengunci air dan melembabkan kulit. 

 

Gunakan suhu air yang tetap

Air hangat membuat mandi menjadi nyaman tanpa mengeringkan kulit. Namun, jangan gunakan air yang sangat panas karena akan menghilangkan minyak alami pada kulit. Para ahli mengatakan air hangat adalah yang terbaik.

 

Keramas secara menyeluruh

Jangan hanya menuangkan sampo di atas kepala Anda, tapi pastikan untuk mendistribusikannya secara merata. Kemudian, ambil seperempat ukuran dan gosokkan ke seluruh rambut Anda. Jangan lupakan tengkuknya, terutama jika Anda memiliki rambut panjang sebab itulah bagian yang paling berminyak. Terus gosok setidaknya selama 30-60 detik sebelum dibilas.

 

Cuci tangan secara menyeluruh

Anda menyentuh banyak barang sepanjang hari. Jadi, pastikan mencuci tangan sebelum mandi. Ini akan mencegah Anda menyebarkan kuman ke bagian lain dari tubuh. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile