Ahad 24 Dec 2023 10:20 WIB

Bagian Tubuh yang Sering Lupa Dibersihkan Ketika Mandi, Perhatikan 5 Area Ini

Ada lima bagian tubuh yang jarang dibersihkan ketika seseorang mandi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Shower di kamar mandi (ilustrasi). Ketika mandi, ada 5 bagian tubuh yang jarang dibersihkan.
Foto: www.freepik.com
Shower di kamar mandi (ilustrasi). Ketika mandi, ada 5 bagian tubuh yang jarang dibersihkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi secara rutin merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga kebersihan tubuh. Ironisnya, ada beberapa bagian tubuh yang sering kali tidak dibersihkan saat mandi.

Bila ada area tubuh tak dibersihkan secara menyeluruh saat mandi, kulit di area tersebut bisa menjadi lebih rentan terhadap masalah kulit. Area tubuh tersebut juga bisa lebih mudah terkena infeksi jamur.

Baca Juga

Menurut dokter keluarga, dr Jen Claude, ada lima bagian tubuh yang paling sering terlupakan dan jarang dibersihkan saat mandi. Berikut ini adalah kelima area tubuh tersebut, seperti dilansir Express pada Sabtu (23/12/2023).

1. Pusar

Menurut dr Claude, pusar merupakan area yang paling jarang dibersihkan saat mandi. Padahal, pusar merupakan area yang sangat mudah menjadi kotor. Oleh karena itu, Dr Claude mengimbau agar orang-orang tak lupa membersihkan pusar setiap mandi.

2. Belakang telinga

Area lain yang juga jarang dibersihkan adalah bagian belakang telinga. Untuk mengetahui apakah area belakang telinga kotor, coba usap area tersebut dengan jari lalu cium aromanya. Aroma tidak sedap menandakan bahwa area di belakang telinga itu kotor dan perlu dibersihkan.

3. Bawah kuku

Berbagai jenis kotoran hingga kuman pemicu penyakit bisa terperangkap dengan mudah di bawah kuku. Bila jarang dibersihkan, kotoran dan kuman di bawah kuku bisa memicu beberapa jenis infeksi, seperti cacing kremi.

Kuku sebaiknya dijaga tetap pendek dan bagian bawah kuku perlu sering dibersihkan dengan sabun serta air. Semakin panjang kuku, semakin mudah pula kotoran dan kuman bersarang di sana. Oleh karena itu, memiliki kuku yang pendek lebih dianjurkan. 

4. Kaki

Sebagian orang terbiasa hanya mengaplikasikan sabun pada area badan saat mandi. Mereka melakukan ini karena menganggap sabun dari badan akan mengalir ke kaki dan membersihkan area tersebut.

Anggapan tersebut tentu sangat tidak benar. Seperti halnya badan, area kaki juga perlu dibersihkan dengan pengaplikasian sabun.

5. Sela jari kaki

Area sela jari kaki juga bisa dengan mudah menjadi tempat menumpuknya kotoran dan kuman. Bila ingin terhindar dari risiko penyakit, area ini juga perlu dibersihkan secara menyeluruh saat mandi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ ءَاَنْتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوْنِيْ وَاُمِّيَ اِلٰهَيْنِ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗقَالَ سُبْحٰنَكَ مَا يَكُوْنُ لِيْٓ اَنْ اَقُوْلَ مَا لَيْسَ لِيْ بِحَقٍّ ۗاِنْ كُنْتُ قُلْتُهٗ فَقَدْ عَلِمْتَهٗ ۗتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ وَلَآ اَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِكَ ۗاِنَّكَ اَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah?” (Isa) menjawab, “Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 116)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement