Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bungkam Bima Perkasa, Hangtuah Dua Kali Menang di Seri 1 IBL 2022

Selasa 18 Jan 2022 13:41 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Guard Amartha Hangtuah Fisyaiful Amir (membala bola) dijaga tiga pemain Bima Perkasa Jogja dalam pertandingan Seri 1 IBL 2022 di Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Guard Amartha Hangtuah Fisyaiful Amir (membala bola) dijaga tiga pemain Bima Perkasa Jogja dalam pertandingan Seri 1 IBL 2022 di Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Foto: IBL Indonesia/Hari Purwanto
Amartha Hangtuah mengalahkan Bima Perkasa Jogja 68-53 di IBL Tokopedia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Amartha Hangtuah Jakarta tampil luar biasa pada laga kedua IBL Tokopedia 2022. Menghadapi Bima Perkasa Jogja, tim asuhan AF Rinaldo ini memimpin sepanjang pertandingan dan menang meyakinkan 68-53, di Gedung Basket Senayan Jakarta, Selasa (18/1/2022).

 

Ini merupakan kemenangan kedua setelah pada laga pertama Hangtuah juga mencetak kemenangan usai mengalahkan Satya Wacana Salatiga 75-68. Sedangkan bagi Bima Perkasa, ini kekalahan kedua sebelumnya ditumbangkan Dewa United Surabaya 72-73. 

Baca Juga

Usai laga Inal sapaan AF Rinaldo menerangkan para pemainnya mampu menjalankan game plan yang dibuatnya. "Tadi kita tidak membiarkan shooter Bima Perkasa leluasa, itu game plan-nya dan jalan. Anton Waters saya perintahkan masukin sebanyak apa pun poin dari paint area," kata dia. 

Ia mengatakan, strategi penyerangan Bima Perkasa dibuat tak jalan. menurut Inal, sapaannya, cedera Samuel Devin berpengaruh buat Bima Perkasa. Aliran bola ke David Atkinson bisa diputus.

"Saya menginstruksikan step by step, game per game. Sampai dua game ini cukup baik tapi harus ada yang dibenahi. Kami bisa ambil dua game karena melakukan proses dengan baik," jelas Inal.

Inal mengatakan, timnya harus terus membangun chemistry. Untuk itu, ia tak memberikan sistem yang tak rumit. Sehingga dua pemain asing mereka yang berangkat dari NCAA Divisi 1 gampang menyatu. Para pemain lokal juga diminta tidak sungkan memberikan instruksi ke pemain asing agar bisa cepat masuk ke dalam sistem permainan yang diinginkannya.

"Kekurangan di dua game ini yang masih terlihat adalah turnovers. Di gim pertama 20 dan sekarang 19. Saya menarget kalau bisa di bawah 14 untuk turn over," kata Inal mengevaluasi timnya.

Fisyaiful Amir yang mencetak 15 poin pada laga ini mengatakan, para pemain Hangtuah diminta menekan Bima Perkasa agar mengacaukan game play lawan. "Defense kami kali ini juga bagus itu yang membuat kami menang," kata If, sapaannya.

Hangtuah langsung tampil menggebrak dengan unggul 20-12 atas Bima Perkasa Jogja. Kedua tim kesulitan mencetak angka di kuarter dua. Hangtuah hanya mencetak 7 poin dan Bima Perkasa 9 poin. Alhasil saat masuk ruang ganti tim asuhan AF Rinaldo masih memimpin 27-21.

Kuarter tiga Hangtuah kembali mendominasi dengan torehan 19 poin dan hanya kebobolan 12 poin. Tim yang bermarkas di Bango Jakarta Selatan ini menjauh 46-33. Walau Bima Perkasa mencoba mengejar, akhirnya Hangtuah menang 68-53.

Pemain asing Hangtuah, Anton Waters sulit ditandingi dibawah ring dengan koleksi 21 poin dan 15 rebound. Fisyaiful menambahkan 15 poin. David Atkinson juga mencetak double-double untuk Bima Perkasa dengan 29 poin, 12 rebound. 

Pelatih Bima Perkasa Dean Murray mengatakan pasukannya sejak awal sudah kalah agresif melawan Hangtuah. Inilah yang menyebabkan timnya kesulitan keluar dari tekanan, membuat banyak kesalahan, hingga akhirnya kalah.

Dean yang punya waktu singkat sejak pramusim hingga kompetisi bergulir untuk menangani Bima Perkasa merasa tak ada hambatan komunikasi dengan para pemainnya.

"Di tim kami juga ada beberapa pemain senior, jadi tak ada kendala komunikasi. Para pemain harusnya paham kalau mereka harus tampil sebaik mungkin dan kompetitif agar bisa mendapatkan hasil bagus. Permainan kami pada game pertama lebih baik di game ini. Kami akan berusaha untuk memperbaikinya," kata pelatih asal Amerika Serikat ini.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile