Rabu 02 Feb 2022 11:36 WIB

Preview Semifinal Piala Afrika Burkina Faso Vs Senegal: Sadio Mane Memburu Trofi

Burkina Faso menghadapi Senegal di Stadion Ahmadou Ahidjo, Kamis (3/2) dini hari WIB.

Red: Israr Itah
Saido Mane dari Senegal, kedua dari kanan, dengan rekan setimnya setelah ia mencetak gol ke gawang Cape Verde pada pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2022 antara Senegal dan Cape Verde di Stadion Kouekong, Bafoussam, Kamerun, Selasa, 25 Januari 2022.
Foto:

Burkina Faso

Burkina Faso sudah pasti senang dengan apa yang mereka lalui dari hari ke hari selama turnamen Piala Afrika di Kamerun ini karena mereka telah menunjukkan kinerja dengan kualitas yang terus membaik sampai menapaki empat besar setelah menumbangkan tim raksasa Tunisia dalam perempat final.

Namun, ada harapan lebih dari sekadar turnamen sepak bola yang diletakkan pada pundak pemain-pemain Burkina Faso, yakni memberikan kebahagiaan kepada rakyat negara di Afrika bagian barat itu yang tengah bermasalah karena presidennya digulingkan oleh kudeta militer.Setelah mereka menghentikan Tunisia 1-0 dalam perempat final Jumat pekan lalu, pemimpin baru mereka dari pelaku kudeta pun menelepon mereka.

"Pagi ini kami mendapat kehormatan berbicara dengan presiden baru kami yang memberikan saran dan dorongan kepada kami serta meyakinkan kami bahwa mereka ada di belakang kami selamanya," kata pelatih Kamou Malo seperti dikutip AFP.

Presiden Roch Marc Christian Kabore ditangkap oleh tentara pemberontak Senin pekan lalu setelah rakyat marah karena dia gagal membendung kekerasan di negeri miskin itu. Pemimpin baru mereka yang masih berusia 41 tahun, Letnan Kolonel Paul-Henri Sandaogo Damiba, menjadi harapan mereka dalam mengatasi ancaman kekerasan berkedok jihad. 

"Ini menunjukkan kami tidak sendirian lagi," kata gelandang Adama Guira.

Burkina Faso menjejak empat besar dengan bekal tak terkalahkan dalam 10 dari 11 pertandingan terakhir mereka dalam semua kompetisi yang lima di antaranya berupa kemenangan. Mereka hanya kalah saat dilawan tuan rumah Kamerun dalam pertandingan fase grup turnamen ini beberapa hari lalu.

Mereka tahu bakal menghadapi Senegal yang merupakan tim terkuat di Afrika saat ini dan tak pernah bisa mereka kalahkan dalam empat pertemuan sejak 2006. Namun mereka tetap yakin bisa mencapai final, bahkan mungkin memupus kenangan buruk kalah 0-1 dari Nigeri dalam final Piala Afrika 2013.

Sebelas pemain pertama Burkina Faso bakal bermain tanpa pemain muda Dango Ouattara yang bermain untuk klub Liga Prancis Lorient. Ia mencetak gol penentu kemenangan ketika melawan Tunisia sebelum mendapatkan kartu merah langsung delapan menit menjelang pertandingan usai.

Sementara itu, saat melawan Tunisia, Djibril Ouattara membuat penampilan pertamanya dalam turnamen ini, tapi kemudian ditarik ke luar lapangan pada menit ke-72 karena cedera. Ini membersitkan kekhawatiran striker berusia 22 tahun itu juga mungkin absen dalam semifinal.

Berkat penampilan solid barisan pertahanannya saat melawan Tunisi Si Elang Kartago, pelatih Kamou Malo kembali menurunkan lini belakang yang sama. Formasi diisi Steeve Yago, Edmond Tapsoba, Soumaila Ouattara dan Issa Kabore guna melindungi penjaga gawang Herve Koffi.

Prediksi Susunan Pemain 

Burkina Faso (4-3-3): Herve Koffi; Issa Kabore, Edmond Tapsoba, Soumaila Ouattara, Steeve Yago; Dramane Nikiema, Adama Guira, Gustavo Sangare; Hassane Bande, Mohamed Konate, Bertrand Traore

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy; Bouna Sarr, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Saliou Ciss; Cheikhou Kayoute, Nampalys Mendy, Idrissa Gueye; Famara Diedhiou, Boulaye Dia, Sadio Mane

photo
Penggemar Burkina Faso selama pertandingan sepak bola Piala Afrika 2022. - (AP/Themba Hadebe)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement