Ahad 06 Feb 2022 18:35 WIB

Tak Gubris Sanksi PBB, Korut Percanggih Teknologi Rudal

Teknologi baru yang diuji termasuk kemungkinan hulu ledak pemandu hipersonik.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Korea Utara (Korut) pada Rabu (10/10) mengonfirmasi telah menembakkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam atau submarine-launched ballistic missile (SLBM).
Foto: EPA/KCNA
Korea Utara (Korut) pada Rabu (10/10) mengonfirmasi telah menembakkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam atau submarine-launched ballistic missile (SLBM).

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Para pakar PBB dalam laporan terbarunya mengatakan bahwa Korea Utara (Korut) terus mengembangkan program nuklir dan rudal balistiknya. Korut juga terus mendorong kemampuan untuk memproduksi bahan fisil nuklir meski melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB.

Panel ahli PBB dalam ringkasan eksekutifnya mengatakan bahwa ada percepatan nyata dari pengujian dan demonstrasi rudal jarak pendek dan mungkin jarak menengah baru hingga Januari oleh Pyongyang. Penggabungan itu menggunakan teknologi balistik serta menggunakan propelan padat dan cair. "Teknologi baru yang diuji termasuk kemungkinan hulu ledak pemandu hipersonik dan kendaraan masuk kembali yang dapat bermanuver," kata panel tersebut seperti dikutip laman Associated Press, Ahad (6/2/2022).

Baca Juga

Korut menunjukkan peningkatan kemampuan untuk mobilisasi secara luas (termasuk di laut), dan peningkatan ketahanan pasukan misilnya. Para ahli juga mengatakan, bahwa Korut terus mencari materi, teknologi, dan pengetahuan untuk program-program ini di luar negeri, termasuk melalui sarana dunia maya dan penelitian ilmiah bersama.

Setahun yang lalu, panel mengatakan Korut telah memodernisasi senjata nuklir dan rudal balistiknya dengan mengabaikan sanksi PBB. Negara terisolasi tersebut menggunakan serangan siber untuk membantu membiayai programnya dan terus mencari bahan dan teknologi di luar negeri untuk persenjataannya termasuk di Iran.

"Serangan siber, terutama pada aset cryptocurrency, tetap menjadi sumber pendapatan penting bagi pemerintah Kim Jong-un," kata para ahli yang memantau penerapan sanksi terhadap Korut itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, Korut telah meluncurkan berbagai sistem senjata dan mengancam akan mencabut moratorium empat tahun untuk uji coba senjata yang lebih serius seperti ledakan nuklir dan peluncuran ICBM. Januari melihat rekor sembilan peluncuran rudal, dan senjata lain yang baru-baru ini diuji termasuk rudal hipersonik perkembangan dan rudal yang diluncurkan dari kapal selam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement