Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kepala BPJPH: Perguruan Tinggi Punya Kapasitas Memadai Dirikan LPH

Kamis 17 Feb 2022 10:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Perguruan Tinggi Punya Kapasitas Memadai Dirikan LPH

Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Perguruan Tinggi Punya Kapasitas Memadai Dirikan LPH

Foto: Foto : MgRol100
Saat ini memang dibutuhkan banyak LPH di berbagai daerah.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Muhammad Aqil Irham menyambut positif upaya akselerasi pembentukan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Dia mengakui, saat ini memang dibutuhkan banyak LPH di berbagai daerah.

 

"Kita memiliki pelaku usaha kurang lebih 64 juta lebih yang tersebar di seluruh Indonesia. Maka kita butuh banyak LPH yang sebarannya di setiap provinsi dan kabupaten itu ada. Supaya pelayanan terhadap pelaku usaha untuk sertifikasi halal bisa optimal," tutur dia kepada Republika.co.id, Kamis (17/2).

Baca Juga

Aqil melanjutkan, ada sembilan LPH baru yang telah ditetapkan oleh BPJPH dari berbagai unsur. Ada dari pemerintah, ormas maupun lembaga Islam, dan juga perguruan tinggi. Tentunya, keberadaan LPH di berbagai daerah akan membantu BPJPH dalam menjalankan perannya terkait jaminan produk halal.

Terlebih, jelas Aqil, bila pendirian LPH itu dilakukan di perguruan tinggi. Sebab, institusi pendidikan tinggi memiliki potensi yang besar untuk mendirikan LPH sebagai upaya menyukseskan program jaminan produk halal. Perguruan tinggi juga memiliki kapasitas yang memadai secara kelembagaan dan juga Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dari sisi kapasitas baik kelembagaan maupun SDM, sangat memungkinkan. Kampus memiliki dosen, peneliti, peralatan, laboratorium, atau support untuk administrasi. Ini sangat memungkinkan. Dan secara regulasi, perguruan tinggi diberi ruang untuk membuat LPH sesuai dengan ketentuan-ketentuannya," ujarnya.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile