Senin 21 Feb 2022 14:33 WIB

Viral Wayang Ustadz Khalid Basalamah! Akun Medsos Gus Miftah Digeruduk Warganet

Wayang yang digelar Gus Miftah dinilai hanya membuat wayang tampak negatif.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Teguh Firmansyah
Karakter wayang yang mirip dengan sosok Ustadz Khalid Basalamah (kiri) muncul di pertunjukan wayang yang digelar Gus Miftah di Ponpes Ora Aji. Dalang Ki Warseno memainkan adegan
Foto: Tangkapan layar
Karakter wayang yang mirip dengan sosok Ustadz Khalid Basalamah (kiri) muncul di pertunjukan wayang yang digelar Gus Miftah di Ponpes Ora Aji. Dalang Ki Warseno memainkan adegan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Warganet membanjiri akun media sosial  Gus Miftah setelah ia menggelar pertunjukan wayang di Pondok Pesantren Ora Aji dengan Dalang Ki Warseno pada Jumat (18/2/2022). Pertunjukan tersebut digelar untuk menanggapi polemik wayang haram.

Namun, dalam pertunjukan, Dalang Ki Warseno memainkan sebuah wayang yang penggambarannya mirip sosok Ustadz Khalid Basalamah. Tampilan wayang itu memiliki wajah yang mirip Ustadz Khalid dengan jenggot dan memakai baju jubah panjang berwarna merah jambu dengan peci warna senada.

Baca Juga

Tindakan tersebut menuai kritik dan hujatan warganet terhadap Gus Miftah. Ada yang menyebut tindakan Gus Miftah justru membuat budaya wayang terlihat negatif dan menyerang pribadi orang.

“Ini wayang apa? Justru dengan kejadian kemarin itu harusnya wayang makin dilestarikan ke arah yang positif, bukan malah bikin wayang buat nyerang pribadi orang,” cuit akun @qalsrama.

Warganet lain mengatakan tindakan yang dilakukan Gus Miftah tidak tepat dan tidak akademis terhadap polemik wayang. “Menjijikan, sangat tidak cerdas cara menyikapinya dan alay. Tidak akademisi banget. Harusnya kalau beda pendapat bantah pake pendapat dengan sumber lagi, bukan dengan sindiran dan dengan kata-kata kasar kayak gini,” tulis @blissinapril.

Hingga saat ini, Gus Miftah masih menjadi perbincangan dan menjadi trending di Twitter. Terpantau sudah ada lebih dari 7.000 kicauan.

Tidak hanya di Twitter, warganet juga membanjiri kolom komentar akun Instagram Gus Miftah @gusmiftah. Salah satu postingannya mendapat komentar lebih dari 6.000. “Nggilani…memperkeruh suasana, kayak bukan akhlak seorang pendakwah,” ujar @yudhiprast86.

Pengguna Instagram lain mengkiritik cara Gus Miftah yang dinilai berlebihan karena memberikan puisi dengan nada menyindir.

"Wah sejauh inikah pembahasannya? Sampai dibuatkan puisi dengan nada menyindir? MasyaAllah biasanya kalau ada masalah yang berbau SARA Anda bijak Gus. Kok, giliran yang seiman disentil terus? Padahal yang bersangkutan sudah klarifikasi dan minta maaf,” ucap @septiancahyoputro.

Pementasan wayang yang digelar Gus Miftah di pondok Pesantra Ora Aji, Jumat (18/2/2022). Pergelaran wayang yang dipimpin Dalang Ki Warseno memainkan sebuah wayang yang penggambarannyan mirip sosok Ustadz Khalid Basalamah.

"Cangkemmu cangkemmu opo cok. Kalau kamu tidak suka wayang tidak usah banyak bicara. Kamu mau jadi apa?" kata Ki Warseno sambil memukul wayang mirip wajah Ustaz Khalid.

Tidak cukup sampai di situ, sang dalang akhirnya  berdiri dan berteriak untuk membanting wayang bergambar mirip Ustaz Khalid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement