Selasa 15 Mar 2022 05:36 WIB

Layanan 5G akan Tersedia di Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta jadi bandara pertama di Indonesia yang menghadirkan akses 5G.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Telkomsel dan PT Angkasa Pura II Jalin Kolaborasi Perluas Akses Pengalaman Layanan 5G di Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Foto: Telkomsel
Telkomsel dan PT Angkasa Pura II Jalin Kolaborasi Perluas Akses Pengalaman Layanan 5G di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan 5G dipastikan akan tersedia di Bandara Soekarno-Hatta. Telkomsel dan PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) melakukan penandatanganan nota kesepahaman pada Senin (14/3/2022) untuk memperluas dan memperkuat pemanfaatan jaringan serta layanan 5G Telkomsel di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

"Melalui kolaborasi AP II dan Telkomsel, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara pertama di Indonesia yang menghadirkan akses 5G bagi traveler guna memberikan digital experience terbaik dan mendukung seamless journey experience, serta meningkatkan standar layanan di Bandara Soekarno-Hatta," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Senin (14/3/2022) malam.

Baca Juga

Dia menuturkan, kehadiran Telkomsel 5G juga menandakan infrastruktur digital Bandara Soekarno-Hatta secara berkelanjutan terus berkembang. Khususnya untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“AP II ke depannya akan berupaya menghadirkan jaringan 5G di bandara-bandara lainnya sebagai standar layanan dan operasional,” tutir Awaluddin.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan salah satu objek vital negara. Terutama sebagai titik masuk dan keberangkatan bagi turis mancanegara hingga delegasi dari berbagai negara yang berkunjung ke Indonesia. 

Sehingga, lanjut Sigit, fasilitas yang ditampilkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi representasi Indonesia bagi dunia. "Kami menyambut baik keberanjutan kolaborasi sebagai wujudnya nyata komitmen Telkomsel mendukung Angkasa Pura II, sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta membuka lebih banyak lagi pengalaman konektivitas digital," kata Sigit.

Sigit memastikan, penerapan jaringan Telkomsel 5G akan dilakukan secara bertahap di sejumlah area utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G yang akan dikembangkan antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional PT Angkasa Pura II. 

"Telkomsel juga akan menghadirkan pengalaman akses layanan 5G yang setara bagi seluruh penumpang dengan menghadirkan showcase Telkomsel Orbit 5G di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," jelas Sigit. 

Dengan mengakses Telkomsel Orbit 5G, para penumpang yang belum memiliki device maupun kartu yang mendukung jaringan 5G akan tetap bisa merasakan kecepatan konektivitas Telkomsel 5G dengan maksimal. Sejak diluncurkan pada Mei 2021, layanan 5G Telkomsel juga telah beroperasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta terutama di area GraPARI Telkomsel yang ada di kawasan bandara.

Penerapan infrastruktur teknologi jaringan 5G di lingkungan Bandara International Bandara Soekarno-Hatta juga telah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. "Ini terutama dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan," ungkap Sigit. 

Hadirnya teknologi jaringan telekomunikasi generasi kelima ini juga untuk mendukung persiapan sejumlah kegiatan berskala internasional, seperti G20 yang akan berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia. Melalui kolaborasi tersebut, Sigit mengatakan Telkomsel berupaya untuk membuka kesempatan bagi seluruh delegasi dari peserta G20 maupun para penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta merasakan langsung pengalaman menggunakan sinyal 5G. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَيَوَدُّ اَحَدُكُمْ اَنْ تَكُوْنَ لَهٗ جَنَّةٌ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ لَهٗ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۙ وَاَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهٗ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاۤءُۚ فَاَصَابَهَآ اِعْصَارٌ فِيْهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَ ࣖ
Adakah salah seorang di antara kamu yang ingin memiliki kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, di sana dia memiliki segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tuanya sedang dia memiliki keturunan yang masih kecil-kecil. Lalu kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, sehingga terbakar. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkannya.

(QS. Al-Baqarah ayat 266)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement