Senin 21 Mar 2022 04:00 WIB

Lawan Persija, Pelatih PSM: Tujuan Kami untuk Menang!

PSM dan Persija dalam laga Liga 1 pada Senin sore nanti

Red: Muhammad Akbar
Palatih Persipura Jayapura Angel Alfredo Vera (kedua kanan) dan pelatih PSM Makassar Joop Gall (kanan) berbincang dengan sejumlah pemainnya usai pertandingan Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Kamis (10/3/2022). Persipura Jayapura bermain imbang lawan PSM Makassar dengan skor 0-0.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Palatih Persipura Jayapura Angel Alfredo Vera (kedua kanan) dan pelatih PSM Makassar Joop Gall (kanan) berbincang dengan sejumlah pemainnya usai pertandingan Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Kamis (10/3/2022). Persipura Jayapura bermain imbang lawan PSM Makassar dengan skor 0-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSM bertekad menundukkan Persija saat kedua tim berlaga pada Senin (21/3) di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, mulai pukul 16.30 WIB, demi memastikan diri bertahan di Liga 1 Indonesia.

"Tujuan kami adalah memenangkan pertandingan dan memastikan tempat kami di Liga 1 musim depan. Jika sudah begitu, kami lebih rileks menghadapi sisa laga berikutnya," ujar pelatih PSM Joop Gall dalam konferensi pers virtual sebelum laga, diikuti di Jakarta, Ahad (20/3).

PSM, menurut juru taktik asal Belanda tersebut, akan berjuang dengan segala cara untuk tak terdepak dari Liga 1.

Joop yakin para pemainnya dapat melakukan hal tersebut lantaran mereka dianggap memiliki mental yang kuat.

Hal itu terlihat dari hasil lima laga terkini PSM yang berlalu tanpa kekalahan. Dari laga-laga tersebut, PSM meraup satu kemenangan dan empat seri. Mereka meraih hasil-hasil tersebut setelah selalu kalah dalam empat pertandingan.

"Tidak mudah bagi sebuah tim yang selalu kalah (dari empat laga-red) untuk tak terkalahkan pada lima pertandingan selanjutnya. Itu menunjukkan kami memiliki mental luar biasa," tutur Joop.

PSM saat ini berada di posisi ke-13 klasemen sementara Liga 1 musim ini dengan 35 poin dari 31 pertandingan.

Mereka masih dibayang-bayangi Persipura, yang mengoleksi 30 poin dari 32 laga dan berada di peringkat ke-16 alias zona degradasi.

Andai Persipura memenangkan dua laga mereka yang tersisa dan PSM selalu kalah pada tiga pertandingan pamungkas, maka skuad "Juku Eja" berpotensi besar terjerumus ke Liga 2 musim depan.

Artinya, tiga poin saja dari tiga laga terakhir akan membuat PSM aman dari degradasi. Gelandang PSM Willem Jan Pluim juga menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya akan berupaya keras untuk menundukkan Persija.

"Laga melawan Persija spesial. Kami mau meraih kemenangan," tutur Pluim.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَوْمَ يَقُوْلُ الْمُنٰفِقُوْنَ وَالْمُنٰفِقٰتُ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوا انْظُرُوْنَا نَقْتَبِسْ مِنْ نُّوْرِكُمْۚ قِيْلَ ارْجِعُوْا وَرَاۤءَكُمْ فَالْتَمِسُوْا نُوْرًاۗ فَضُرِبَ بَيْنَهُمْ بِسُوْرٍ لَّهٗ بَابٌۗ بَاطِنُهٗ فِيْهِ الرَّحْمَةُ وَظَاهِرُهٗ مِنْ قِبَلِهِ الْعَذَابُۗ
Pada hari orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman, “Tunggulah kami! Kami ingin mengambil cahayamu.” (Kepada mereka) dikatakan, ”Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu).” Lalu di antara mereka dipasang dinding (pemisah) yang berpintu. Di sebelah dalam ada rahmat dan di luarnya hanya ada azab.

(QS. Al-Hadid ayat 13)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement