Rabu 23 Mar 2022 12:05 WIB

Gejala Kanker Usus: Perut Terasa tak Nyaman Setelah Makan, Periksakan Jika 3 Pekan Menetap

Gejala kanker usus bisa terasa setelah makan, sensasinya bertahan berminggu-minggu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Mengalami ketidaknyamanan, terutama setelah makan, dapat menjadi gejala kanker usus.
Foto: www.freepik.com.
Sakit perut (Ilustrasi). Mengalami ketidaknyamanan, terutama setelah makan, dapat menjadi gejala kanker usus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bowel Cancer UK telah memperingatkan bahwa kira-kira satu dari 15 pria dan satu dari 18 perempuan akan didiagnosa kanker usus atau juga dikenal kanker kolon. Banyak gejala peringatan dininya berkaitan dengan kebiasaan toilet, namun masih ada gejala lain yang jarang diketahui, termasuk sensasi yang tidak biasa setelah makan.

Mengalami sakit perut bagian bawah yang persisten, kembung, atau penurunan berat badan yang tak normal menjadi beberapa gejala kanker usus yang jarang diketahui. Mengalami ketidaknyamanan, terutama setelah makan juga menjadi gejala lain yang harus diperhatikan.

Baca Juga

"Segera konsultasikan kepada dokter umum jika Anda memiliki salah satu gejala kanker usus selama tiga pekan atau lebih," demikian saran National Health Service di Inggris, seperti dilansir laman Express, Rabu (23/3/2022).

Health and Safety Executive juga mencatat bahwa sakit perut, ketidaknyamanan, atau kembung yang selalu disebabkan oleh makan adalah tanda-tanda yang mungkin terkait dengan kanker usus. Kanker ini juga terkadang bisa mengurangi nafsu makan.

"Gejala lain termasuk perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus, termasuk buang air besar lebih sering. Lalu tinjanya juga lebih encer dan bahkan berdarah," demikian kata lembaga tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement