Kamis 31 Mar 2022 16:49 WIB

KAI Siapkan 401 Perjalanan Kereta Saat Mudik 2022

Hingga 31 Maret 2022, 15 persen dari total tiket yang disediakan sudah terjual.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Penumpang kereta api menata barang bawaannya di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (21/12). PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan akan menyediakan 401 perjalanan kereta api (KA) rata-rata per hari pada periode Mudik 2022.
Foto: Prayogi/Republika.
Penumpang kereta api menata barang bawaannya di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (21/12). PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan akan menyediakan 401 perjalanan kereta api (KA) rata-rata per hari pada periode Mudik 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan akan menyediakan 401 perjalanan kereta api (KA) rata-rata per hari pada periode Mudik 2022. KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022. 

"Perjalanan KA ini dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA jarak jauh dan KA lokal per hari," kata Joni dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (31/3/2022). 

Baca Juga

Sesuai aturan dari pemerintah, lanjut Joni, kapasitas yang ditetapkan untuk KA jarak jauh yaitu 100 persen. Sementara kapasitas untuk KA lokal hanya diperbolehkan 70 persen. 

Hingga 31 Maret 2022, Joni mengatakan KAI telah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 hingga 30 April 2022. Angka tersebut menunjukan 15 persen dari total tiket yang disediakan. 

KA favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp, Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari pp, Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp, Taksaka relasi Gambir - Yogyakarta pp, dan lainnya. Sementara tanggal keberangkatan favorit masyarakat yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April.

"Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai kanal penjualan yang tersedia," ujar Joni.

Untuk angkutan Lebaran 2022 pada masa pandemi Covid-19, Joni menegaskan KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan //hand sanitizer.

Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. Joni menegaskan, KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik.

"Momen angkutan Lebaran tahun ini tentu dirindukan masyarakat untuk kembali mudik ke kampung halaman. KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menjaga protokol kesehatan," jelas Joni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement