Rabu 06 Apr 2022 22:53 WIB

Kisah Orang Terkaya: Horst Julius Pudwill, Miliarder Jerman yang Keruk Kekayaan dari Hong Kong

Orang terkaya di dunia, Horst Julius Pudwill adalah salah satu pendiri dan ketua Techtronic Industries (TTI), produsen perkakas listrik di Hong Kong.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Horst Julius Pudwill, miliarder. (Forbes Asia/Jocelyn Tam)
Horst Julius Pudwill, miliarder. (Forbes Asia/Jocelyn Tam)

Salah satu orang terkaya di dunia, Horst Julius Pudwill adalah salah satu pendiri dan ketua Techtronic Industries (TTI), produsen perkakas listrik dan produk perawatan lantai yang berbasis di Hong Kong.

Horst Julius Pudwill lahir di Hannover, Jerman pada tahun 1945. Ia memperoleh gelar di bidang teknik dan perdagangan sebelum bekerja untuk Volkswagen.

Pudwill adalah seorang insinyur di Volkswagen di Jerman sebelum pindah ke Hong Kong pada pertengahan 1970-an untuk menjadi manajer umum. Kemudian, Pudwill mendirikan Techtronic pada tahun 1985 dengan Roy Chi Ping Chung.

Hingga hari ini, ia terus mengawasi operasi Techtronic bersama putranya, Stephan, wakil ketua perusahaan, dan kepala eksekutifnya Joseph Galli.

Baca Juga: Kerap Bersitegang dengan Volodymyr Zelenskiy, Orang Terkaya Ukraina Akhirnya Pulang Bantu Perang

Perusahaannya, TTI bekerja untuk merancang, memproduksi, dan memasarkan perkakas listrik, perlengkapan listrik luar ruang, perkakas tangan, dan perlengkapan perawatan lantai di bawah berbagai merek yang sepenuhnya dimiliki dan dilisensikan.

Produk perusahaan digunakan oleh konsumen, profesional, dan pengguna industri di industri rumah tangga, konstruksi, pemeliharaan, industri, dan infrastruktur.

TTI adalah perusahaan pertama yang memproduksi alat-alat listrik tanpa kabel tugas berat yang ditenagai oleh baterai isi ulang lithium-ion. Keahliannya dalam motor brushless, sistem elektronik canggih, dan firmware telah berkontribusi pada kinerja perusahaan.

Perusahaan memproduksi penyedot debu ikonik Hoover, yang digunakan banyak orang sebagai kata kerja, seperti dalam frasa "mengangkat karpet."

Portofolio merek TTI meliputi Milwaukee Electric Tool, AEG, Ryobi, Homelite, Empire, Stiletto, Hoover US, Hart, Oreck, Vax, dan Dirt Devil. Ini memiliki jangkauan pelanggan di seluruh dunia, dan staf lebih dari 51.000.

TTI memiliki basis dan fasilitas manufaktur di Cina, Vietnam, AS, Meksiko, dan Eropa. Pada tahun 2021, penjualan tahunan TTI lebih dari USD13,2 miliar (Rp189 triliun). TTI telah tercatat di Bursa Efek Hong Kong sejak tahun 1990 dan tercatat sebagai salah satu saham penyusun Indeks Hang Seng pada tahun 2019.

Pendapatan TTI tumbuh dari USD62,66 juta pada 1990 menjadi USD778,6 juta pada 2001. Dari 2010 hingga 2019, penjualan TTI meningkat pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 10 persen. Tak heran jika kekayaan bersih Pudwill ditaksir Forbes mencapai USD6,7 miliar (Rp96,2 triliun).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement