Selasa 12 Apr 2022 10:47 WIB

Yogyakarta Matangkan Persiapan Penyaluran BLT Minyak Goreng

Penerima BLT Minyak Goreng di Yogyakarta mencapai 29 ribu orang.

Red: Nur Aini
Seorang warga memperlihatkan amplop yang berisikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng, ilustrasi
Foto: Foto: Humas Kemensos
Seorang warga memperlihatkan amplop yang berisikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Yogyakarta mematangkan persiapan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) sebagai kompensasi lonjakan harga minyak goreng.

"Sedang dikoordinasikan dengan PT Pos terkait teknis penyalurannya karena nanti penyaluran akan dilakukan melalui Kantor Pos," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

Menurut dia, jumlah penerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng di Kota Yogyakarta sama dengan jumlah penerima bantuan sosial yang disalurkan pada periode Januari-Maret 2022.

"Jumlahnya sekitar 29.000 penerima bantuan. Tetapi bagaimana teknis penyalurannya masih akan kami kaji kembali supaya penerima bantuan pun dapat mengaksesnya dengan mudah," katanya.

BLT minyak goreng untuk bulan April, Mei, dan Juni 2022 akan diberikan sekaligus secara tunai sehingga setiap penerima akan mendapat bantuan Rp300.000.

"Harapannya, warga yang menerima bantuan bisa memanfaatkan bantuan ini sesuai dengan peruntukannya. Kami pun akan berusaha agar penyaluran bantuan berjalan lancar karena penerima memang membutuhkannya," kata Maryustion.

Ia mengatakan bahwa PT Pos sudah berkali-kali menyalurkan bantuan sosial kepada warga, termasuk menyalurkan bantuan pangan non-tunai (BPNT) pada pertengahan Februari 2022.

"Saat itu ada perubahan mekanisme penyaluran bantuan. Biasanya disalurkan secara non-tunai melalui bank tetapi pada awal tahun ini dilakukan dengan tujuan akselerasi penyerapan bantuan dan berjalan lancar," katanya.

Secara nasional, bantuan langsung tunai minyak goreng akan diberikan kepada 20,65 juta warga dalam daftar penerima BPNT dan penerima manfaat Program Keluarga Harapan serta 2,5 juta pedagang kaki lima dan pemilik warung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement