Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

10 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mau Mudik Naik Mobil? Cek Bagian-Bagian Mobil Berikut Ini

Ahad 24 Apr 2022 07:59 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Arus kendaraan ketika mudik. ilustrasi. Saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik, pengendara harus melakukan persiapan yang matang. Bagian-bagian mobil harus dicek agar perjalanan lancar.

Arus kendaraan ketika mudik. ilustrasi. Saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik, pengendara harus melakukan persiapan yang matang. Bagian-bagian mobil harus dicek agar perjalanan lancar.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Ban mobil dianggap jadi salah satu komponen yang krusial saat mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini masyarakat kembali melakukan mudik lebaran. Saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik, pengendara mobil berpotensi mengalami sejumlah persoalan teknis. Namun, hal itu bisa ditekan dengan sejumlah persiapan yang matang.

Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa sejumlah komponen. "Beberapa komponen yang wajib diperiksa antara lain ban, oli, rem, filter, suspensi, lampu dan sejumlah cairan dalam mobil," kata Nur Imansyah Tara dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Jumat (22/4).

Baca Juga

Ban mobil dianggap jadi salah satu komponen yang krusial mengingat saat mudik biasnya mobil akan mengangkut beban cukup berat. Oleh karena itu, pengendara harus memastikan komponen yang jadi penopang utama kendaraan itu dalam kondisi yang optimal.

Untuk oli, terdapat beberapa oli yang perlu diperiksa mulai dari oli mesin, oli rem, oli transmisi dan oli gardan. Selanjutnya, komonen filter yang perlu diperiksa adalah filter oli, filter filter udara dan filter AC.

"Pada bagian rem, pengendara juga harus memastikan sistem tersebut memiliki kinerja yang optimal. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan memastikan kondisi kampas rem dan memastikan tak ada kebocoran saluran oli pada bagian rem," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar pengendara memeriksa kondisi kelistrikan baik pada bagian lampu alternator dan aki. Mengingat, lampu memiliki fungsi yang cukup krusial dalam menjaga visibilitas.

Untuk aki, bagian ini juga cukup krusial mengingat jika aki bermasalah maka mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Di satu sisi, alternator juga jadi bagian penting terutama saat turun hujan mengingat pada kondisi itu alternator bekerja lebih berat untuk memastikan AC, wiper dan lampu mampu menyala semua secara bersamaan.

Selanjutnya, hal yang juga harus dipastikan kondisinya adalah cairan pada radiator dan air wiper. Cairan radiator sendiri perlu dipastikan karena memiliki peran dalam menjaga temperatur mesin sedangkan air wiper memiliki peran untuk membantu penjaga visibilitas pengemudi saat hujan.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile