Sabtu 23 Apr 2022 21:32 WIB

Diet Mediterania Ternyata Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Diet mediterania juga memberikan efek sehat bagi tubuh secara menyeluruh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Diet mediterania juga memberikan efek sehat bagi tubuh secara menyeluruh.
Foto: www.freepik.com
Diet mediterania juga memberikan efek sehat bagi tubuh secara menyeluruh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli telah memuji diet Mediterania sebagai salah satu metode terbaik yang bisa dipraktikkan untuk gaya hidup yang lebih sehat. Dikemas dengan vitamin dan nutrisi, diet ini memberikan efek positif pada kesehatan secara menyeluruh.

Kolesterol tinggi adalah prekursor untuk kondisi yang berpotensi mengancam jiwa seperti serangan jantung atau stroke. Studi sebelumnya telah menemukan bahwa mengikuti diet Mediterania, yang terutama terdiri dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian, dan ikan, mengurangi risiko penyakit jantung pada orang dewasa.

Baca Juga

Dengan kolesterol tinggi, seseorang dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Jika tidak diatasi, endapan ini nantinya dapat tumbuh, sehingga menyumbat aliran darah di arteri, namun diet Mediterania telah terbukti membantu secara signifikan dan menangkal penumpukan.

Menurut Heart UK, seperti dilansir dari Daily Post, Sabtu (23/4/2022), manfaat dari diet Mediterania meliputi menyehatkan jantung karena kaya akan lemak tak jenuh; kaya asam lemak omega 3 yang didapat dari seafood terutama ikan yang juga baik untuk kesehatan jantung; kaya potasium yang berasal dari sereal gandum, buah, sayuran dan kacang-kacangan.

Diet mediterania juga kaya serat termasuk serat larut dari sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan dan kacang polong; lalu kaya akan antioksidan termasuk vitamin E dan C, karotenoid dan flavonoid; serta kaya akan vitamin B termasuk asam folat.

Meski setiap negara mungkin memiliki sedikit perbedaan pada praktiknya, pola makan diet mediterania mencakup prinsip yang sama. Diet ini umumnya dikemas dengan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, sereal, biji-bijian dan ikan.

Adapun bahan pokok yang terkait dengan kesehatan jantung yang baik adalah minyak zaitun. Minyak zaitun adalah sumber utama lemak tambahan dalam diet Mediterania.

Situ kesehatan Medical News Today menambahkan, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang bisa menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL/ kolesterol jahat). Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung lemak tak jenuh tunggal.

“Ikan berlemak, seperti makarel, sarden, tuna albacore, dan salmon, kaya akan asam lemak omega-3. Lemak tak jenuh ganda ini membantu melawan peradangan dalam tubuh," jelas situs tersebut.

Asam lemak omega-3 juga membantu menurunkan trigliserida, mengurangi pembekuan darah, dan menurunkan risiko stroke dan gagal jantung.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 184)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement