Senin 25 Apr 2022 14:11 WIB

DPRD DKI Protes Anies tak Hadir di Rapat Paripurna Diwakilkan Riza

Pada saat bersamaan, Anies lebih memilih mengunjungi korban kebakaran Pasar Gembrong.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana Rapat Paripurna Interpelasi Formula E di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (28/9/2021).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana Rapat Paripurna Interpelasi Formula E di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (28/9/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPRD DKI Basri Baco memprotes Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, karena tidak hadir dalam beberapa rapat paripurna yang membahas agenda penting, salah satunya laporan pertanggungjawaban APBD 2021. Agenda Anies Senin siang, meninjau lokasi kebakaran kawasan permukiman dan kios di Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

"Ini pesan keras buat Pak Gubernur, Pak Wagub, dan eksekutif, tolong jangan hanya pentingkan kepentingan dan pencitraan diri sendiri," kata Basri dalam rapat paripurna penyampaian rekomendasi DPRD DKI soal Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur DKI di Jakarta di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (25/4/2022).

Baca Juga

Anggota Komisi E DPRD DKI tersebut menyampaikan interupsi terkait tidak hadirnya Anies, sesaat setelah perwakilan DPRD DKI menyampaikan rekomendasi soal LKPJ yang dibacakan anggota Fraksi PSI DPRD, Anggara Wicitra Sastroamidjojo. "Ini saya rasa menjadi keluhan seluruh fraksi dan seluruh masyarakat dan biarlah Golkar yang berbicara menyampaikan mungkin mewakili seluruh fraksi," kata Basri.

Dalam rapat paripurna itu, eksekutif diwakili oleh Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Kepada Riza, ketua Fraksi Golkar DPRD DKI tersebut meminta agar dikomunikasikan kepada Anies terkait protes tersebut. Hal itu sekaligus menyelesaikan sejumlah masalah yang menyangkut rakyat Jakarta.

"Saya mengamati beberapa paripurna Pak Gubernur tidak pernah hadir, selalu diwakili oleh Pak Wagub terus. Padahal berhentinya gubernur dan wakil gubernur bersamaan," ucap Basri.

Sebelumnya, saat rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur DKI Jakarta tahun Anggaran 2021 pada Rabu (6/4/2022), Anies juga tidak hadir. Dia diwakili oleh Wagub DKI Ahmad Riza Patria untuk penyampaian LKPJ tersebut. "Pokoknya ada acara. Sekali-sekali Wagub yang bacakan," ujar Riza di gedung DPRD DKI Jakarta.

Kemudian pada agenda penandatanganan kesepahaman Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) 2021 pada 14 Oktober 2021, Anies juga tidak hadir. Dia memilih mampir menghadiri acara kolaborasi di salah satu warteg di Matraman, Jakarta Timur dibandingkan menghadiri sidang paripurna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement