Selasa 26 Apr 2022 21:32 WIB

BPJS Kesehatan Dirikan Posko Mudik dengan Beragam Fasilitas

Posko Mudik BPJS Kesehatan sediakan layanan kesehatan, takjil, dan pijat gratis

Red: Christiyaningsih
Posko Mudik BPJS Kesehatan sediakan layanan kesehatan, takjil, dan pijat gratis.
Foto: BPJS Kesehatan
Posko Mudik BPJS Kesehatan sediakan layanan kesehatan, takjil, dan pijat gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir, pemerintah akhirnya kembali memperbolehkan masyarakat mudik ke kampung halaman. Guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik lebaran dengan aman dan nyaman, BPJS Kesehatan pun menghadirkan Posko Mudik di tujuh titik padat pemudik.

Ketujuh titik tersebut yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, rest area Banjaratma Km 260B Brebes, dan rest area Cipali Km 164B Majalengka. Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal menjelaskan Posko Mudik BPJS Kesehatan hadir mulai 26 April – 1 Mei 2022, serta tersedia pula selama arus balik mulai 4-8 Mei 2022 khusus di dua tempat yakni di Rest Area Tol Trans Jawa.

Baca Juga

Di setiap posko mudik BPJS Kesehatan, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bila diperlukan. Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

BPJS Kesehatan memprediksi antusiasme pemudik tahun ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun masyarakat menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi Covid-19. Untuk mendukung kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pemudik, BPJS Kesehatan menghadirkan beragam layanan di Posko Mudik dengan tetap mengedepankan standar protokol kesehatan.

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya. Dan setiap hari kita sediakan seratus takjil gratis, silakan berkunjung,” ajak Afdal saat mengunjungi titik posko mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar (26/4/2022).

Selain itu, Afdal menambahkan bahwa pihaknya juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif. Misalnya, aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 08118165165.

“PANDAWA Terintegrasi ini sudah diimplementasikan sejak Februari 2022 dan siap melayani peserta JKN- KIS secara borderless (tanpa batas) sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini,” terang Afdal.

Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Muhammad Anto Julianto mengapresiasi inisiatif BPJS Kesehatan untuk membuka Posko di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Baginya, salah satu langkah strategis dalam menghadapi angkutan Lebaran 2022 adalah melaksanakan kegiatan posko mudik agar angkutan Lebaran tahun 2022 dapat berjalan dengan aman, tertib, selamat, dan lancar.

“Kami harapkan upaya ini sebagai komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan pada masyarakat. Di posko mudik ini diharapkan pemudik bisa menggunakan berbagai fasilitas layanan yang telah disediakan," ungkapnya.

Berdasarkan data survei Badan Litbang Kementerian Perhubungan, prediksi orang bepergian menggunakan transportasi laut sebesar 1.400.000 penumpang atau naik sebanyak 234% dari tahun 2021. pelabuhan Makassar diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang tinggi.

Apresiasi juga disampaikan oleh perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Muh. Masykur. Dirinya menyebut kehadiran Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Soekarno Hatta adalah kali kedua Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam pendirian Posko Mudik di Kawasan Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

“Terima kasih BPJS Kesehatan. Setelah dua tahun kita vakum karena kondisi pandemi, tahun ini kami menjalin Kembali kerja sama dalam memberikan pelayanan kepada pemudik di pelabuhan. Ini merupakan kolaborasi yang positif untuk pelayanan kepada masyarakat, kami sama-sama menjunjung prokes ketat,” jelasnya.

Masykur juga berharap sinergi dapat terjalin dengan baik di tahun ini agar kegiatan serupa dapat dijalankan lagi untuk tahun-tahun mudik selanjutnya. Berdasarkan data kunjungan tahun 2019 sebelum pandemi, Posko Mudik BPJS Kesehatan dalam sehari dapat menerima kunjungan ratusan pemudik dengan keperluan beragam, hanya sekedar bertanya, akses kursi relaksasi, atau meminta obat bekal perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement