Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Livescore Cabor Sepak Bola SEA Games; Taklukkan Myanmar 3-1, Indonesia Melaju ke Semifinal

Ahad 15 May 2022 11:00 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya.

Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya.

Foto: ANTARA/Zabur Karuru
Ambisi Shin menunu final untuk balas dendam ke Vietnam semakin dekat.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Timnas U-23 Indonesia mengamankan tiket ke babak semifinal usai mengamankan tiga poin melawan Myanmar pada laga lanjutan fase grup SEA Games 2021 Vietnam di Viet Tri Stadium, Ahad (15/5/2022) sore WIB. Garuda Muda menan 3-1 pada pertandingan tersebut.

Myanmar mencoba menembus pertahanan Indonesia di menit awal tapi malah menerima serangan balik. Umpan Asnawi yang mengarah langsung ke mulut gawang Myanmar di menit ke-3 berhasil ditepis keluar pleh Pyae Phyo. Sejurus kemudian, kemelut terjadi di kotak penalti Myanmar tapi tendangan Egy masih meleset dari sasaran. 

Baca Juga

Indonesia memperoleh keunggulan di menit keenam melalui gol yang diciptakan Egy yang meneruskan percobaan gagal dari Irfan Jauhari di kotak penalti. Tendangan Egy sebetulnya berhasil dihalau oleh bek Myanmar, tapi arah bola yang berubah justru mengecoh kiper untuk membuat Myanmar tertinggal 0-1. 

Tanpa butuh waktu lama, Indonesia menggandakan keunggulan di menit ke-10. Gol terjadi berkat penetrasi yang diberikan oleh Ricky Kambuaya di area kotak penalti sebelum akhirnya memberikan umpan backhill yang diselesaikan oleh Witan dengan tembakan ke sisi kanan gawang. Skor pun berubah 2-0 untuk Indonesia. 

Di menit ke-15, Irfan Jauhari nyaris memperlebar kedudukan ketika menerima umpan di depan kotak penalti. Namun, tembakan Irfan berhasil diblokir oleh bek dan langsung disapu bersih. Semenit berselang, Marselino yang mendapat peluang dengan tembakan ke gawang tapi berhasil ditepis oleh kiper. 

Egy gagal memaksimalkan peluang emas di mulut gawang dari situasi tendangan sudut ketika melanjutkan tandukan dari Rizky Ridho. Sontekan kaki kiri Egy masih meleset di sisi kanan gawang. Di menit ke-26, Myanmar hampir memperkecil ketertinggalan saat mendapat ruang tembak di kotak penalti Indonesia, namun tendangan Win Nang masih meleset tipis di sisi kaman. 

Sejurus kemudian, Marselino kembali menunjukkan aksinya dengan melewati beberap pemain belakang Myanmar. Tapi tendangannya terlalu lemah dan dapat diamankan oleh kiper.  Di menit ke-29, Myanmar berhasil menjebol gawang Indonesia melalui sepakan Win Naing tapi itu dianulir karena dua pemain Myanmar berada dalam posisi offside. 

Myanmar kembali mengancam gawang Indonesia di menit ke-38. Umpan terobosan kepada Zaw Win berhasil menembus area pertahanan Indonesia, ia melepaskan umpan tarik yang disambut oleh Htet Phyoe tapi berhasil diblokir oleh Ricky. Sejurus kemudian, Lwin mendapat ruang tembak tapi berhasil diblokir oleh Ernando. 

Kedua tim saling jual beli serangan di waktu tersisa. Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Indonesia akhirnya memperlebar kedudukan menjadi 3-0 di menit-menit akhir babak pertama melalui situasi tendangan sudut. Gol kali ini diciptakan oleh Marselino Ferdinan. 

Di babak kedua, Myanmar tampil lebih agresif dengan memberikan serangan bertubi-tubi ke lini pertahanan Indonesia. Tapi Fachruddin dkk berhasil menggagalkan beberapa peluang yang dimiliki Myanmar. Indonesia kesulitan untuk keluar dari kepungan Myanmar di 15 menit pertama. 

Myanmar hampir mencetak gol di menit ke-63 ketika Aung Kaung melepaskan tembakan dari area kotak penalti. Ernando berhasil menghentikan bola walaupun sempat terlepas. Myanmar berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-66 ketika tendangan Win Naing memantul ke kaki Rizky dan mengecoh Ernando. Skor berubah menjadi 1-3 untuk Myanmar. 

Myanmar mengurung Garuda Muda di separuh lapangan. Meskipun demikian, Indonesia mampu bertahan dengan baik dari serangan-serangan yang dilancarkan Myanmar. Indonesia justru mengandalkan serangan balik untuk menciptakan beberapa peluang, termasuk upaya dari Ronaldo di mulut gawang tapi berhasil ditepis kiper. 

Di menit ke-90 Marc Klok hampir memperlebar kedudukan ketika mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kanan. Tendangannya yang mengarah langsung ke gawang hanya membentur tiang. Myanmar juga memiliki peluang saat terjadi kemelut di depan gawang, tapi Ernando berhasil memblokir tendangan kejutan. Skor pun berakhir 3-1, kemenangan untuk Indonesia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile