Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

26 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ekspansi Bisnis Petrokimia, PIS Kirim Kargo Green Coke dari Dumai ke Surabaya

Kamis 19 May 2022 17:55 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda

PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali mencetak prestasi dengan ekspansi bisnis pengangkutan petrokimia kargo curah, (ilustrasi).

PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali mencetak prestasi dengan ekspansi bisnis pengangkutan petrokimia kargo curah, (ilustrasi).

Foto: istimewa
Ini merupakan milestone bagi PIS untuk masuk ke bisnis pengangkutan curah non-tanker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali mencetak prestasi dengan ekspansi bisnis pengangkutan petrokimia kargo curah jenis produk Green Coke untuk pertama kalinya.

Pengangkutan dan pengiriman kargo curah ini menggunakan kapal General Cargo Georgia Sejahtera dari Refinary Unit (RU) II Dumai ke Surabaya, dengan skema incoterm CFR (Cost and Freight).

Baca Juga

Pencapaian ini merupakan kolaborasi antara PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sebagai produsen green coke, PT Pertamina Patra Niaga (PPN) sebagai penjual kargo ke customer (trading arm), serta PT PIS sebagai penyedia jasa angkutan. Pemuatan perdana produk Green Coke ini berlangsung pada Kamis (19/5/2022), di Dumai dengan rencana ketibaan kapal di Pelabuhan Bongkar pada Rabu, 25 Mei 2022 di Surabaya.

Direktur Niaga PIS Harry Budi Sidharta mengatakan pengangkutan kargo green coke dari Dumai ke Surabaya ini merupakan milestone bagi PIS untuk masuk ke bisnis pengangkutan curah non-tanker yang sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan shipping terkemuka di Asia.

“Ke depannya PIS akan aktif mendukung kegiatan pengiriman kargo curah Pertamina Group lainnya, seperti kargo Sulfur, maupun potensi kargo curah di market seperti angkutan batu bara, angkutan bahan pangan, semen, dan lain sebagainya”.

Green coke adalah salah satu produk Petrochemical Pertamina Non Liquid yang dihasilkan di Refinery Unit II Dumai, yang dapat digunakan oleh konsumen kargo sebagai:

1. Bahan baku Calcined Coke, yang digunakan sebagai bahan pengurai pada pabrik alumunium;

2. Reduktor dalam proses peleburan timah;

3. Bahan penambah kadar karbon pada industri logam atau pelebur baja;

4. Bahan bakar pada industri semen dan pembangkit listrik

Produk Ini dipasarkan oleh PT Pertamina Patra Niaga (PPN) untuk memenuhi konsumen domestik maupun Internasional secara regular.

Setelah pencapaian ini, PIS juga berencana untuk terus mengembangkan bisnis angkutan curah melalui kepemilikan kapal general cargo. “Pengiriman ini merupakan milestone berkelanjutan bagi PIS untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang merupakan negara kepulauan sehingga membutuhkan banyak pengangkutan curah antar pulau. Kami juga berharap sinergi dan kolaborasi antara Pertamina Group dapat berjalan terus dan semakin berkembang," tutur Harry.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile