Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

 

17 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dunia Akui Baznas dalam Pengelolaan Zakat Melalui Penghargaan Internasional

Kamis 19 May 2022 11:55 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Deputi I Bidang Pengumpulan Baznas, Arifin Purwakananta, menyatakan Baznas mendapat pengakuan dunia melalui sejumlah penghargaan bergengsi internasional.

Deputi I Bidang Pengumpulan Baznas, Arifin Purwakananta, menyatakan Baznas mendapat pengakuan dunia melalui sejumlah penghargaan bergengsi internasional.

Foto: Republika/Maman Sudiaman
Baznas mendapat penghargaan bertaraf internasional dari lembaga filantropi dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meraih dua penghargaan pada ajang Global Good Governance (3G) 2022 dari Cambridge International Financial Advisory (IFA). 

 

Di antaranya penghargaan pada kategori 3G Championship Award in Capacity Building 2022 dan 3G Leadership Award in Community Development and Philanthropy 2022.

Baca Juga

"Mudah-mudahan penghargaan Global Good Governance atau 3G yang diterima Baznas bisa dijadikan semacam tanda bahwa dunia sudah mengakui Baznas dalam pengelolaan zakat," kata Deputi I Bidang Pengumpulan Baznas, Arifin Purwakananta, kepada Republika.co.id di Kantor Baznas Pusat, Rabu (18/5/2022).

Arifin mengatakan, penghargaan 3G ini menjadi alat bagi Baznas untuk terus menambah semangat. Baznas akan terus mencoba untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga semakin dipercaya oleh publik.

Terkait penghargaan 3G, Arifin mengatakan, yang dinilai oleh Cambridge IFA adalah semakin baiknya pengelolaan zakat di Baznas, dan ini menjadi salah satu kunci Baznas mendapatkan penghargaan 3G.

Menurutnya, 3G menjadi salah satu parameter yang penting bagi Baznas untuk terus meningkatkan kinerja, meningkatkan tata kelola dan pengelolaan zakat yang baik.

"Agar pelaksanaan tata kelola zakat di Baznas ini bisa menjadi model bagi gerakan zakat di negara-negara lain," ujar Arifin.

Arifin menambahkan, masyarakat Indonesia sudah dianggap paling dermawan. Maka kalau membaca World Giving Index 2021, dituliskan bahwa kedermawanan masyarakat Indonesia itu didorong praktik zakat.

Dia menjelaskan, artinya tantangan yang ada membuat masyarakat semakin dermawan, didorong oleh kehadiran pelaksanaan dan pelayanan zakat di Tanah Air.

Mudah-mudahan dengan Baznas yang mengaut di pusat, dan kebangkitan Baznas di daerah mulai terlihat tahun-tahun ini, semoga julukan masyarakat paling dermawan itu juga selalu Indonesia.

"Tentu saja negara-negara di sekitar kita ingin juga dicatat sebagai negara dermawan, tapi kita juga ingin sekali memberikan pelayanan dan terus memperbaiki kinerja Baznas agar kepercayaannya terjaga," ujar Arifin.

Penyerahan penghargaan 3G ini diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) yang disiarkan langsung dari Dubai, Uni Emirat Arab, pada Rabu (18/5/2022). 

Pada kategori 3G Championship Award in Capacity Building 2022, Baznas mendapat pengakuan sebagai lembaga atas kontribusinya terhadap pembangunan dan pengembangan infrastruktur untuk mendukung prinsip dan praktik perlindungan lingkungan dan ekosistem berkelanjutan. 

Sementara untuk kategori 3G Leadership Award in Community Development and Philanthropy 2022, Baznas dinilai berhasil mentransformasikan masyarakat dalam hal kesehatan, kesejahteraan, pendidikan, dan pemerintahan, termasuk pentingnya peran filantropi bagi pembangunan masyarakat.      

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile