Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Babel Bersihkan Tambang Ilegal di Geopark Nasional Belitung

Sabtu 21 May 2022 17:25 WIB

Red: Nidia Zuraya

Geopark di Belitung/ilustrasi

Geopark di Belitung/ilustrasi

Foto: wikipedia
Aktivitas penambangan ilegal di lokasi Geopark Nasional Belitung ini masih marak.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membersihkan tambang-tambang ilegal di Geosite Open Pit Nam Salu. Geosite Open Pit Nam Salu merupakan salah satu destinasi Geopark Nasional Belitung yang diakui UNESCO Global Geopark pada 2021.

"Penambangan ilegal itu jelas tidak boleh dan itu harus bersih," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin dalam keterangan pers diterima di Pangkalpinang, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan Geosite Open Pit Nam Salu merupakan warisan geologi bekas tambang timah terbuka yang terdalam dan terbesar di Asia Tenggara dan juga merupakan salah satu destinasi Geopark Nasional Belitung yang diakui UNESCO Global Geopark."Bagaimana mau menjadikan geopark yang sesuai ketentuan, kalau masih ada penambangan ilegal," ujarnya.

Menurut dia, aktivitas penambangan ilegal di lokasi geosit ini masih marak. Setidaknya tiga titik yang menjadi lokasi penambangan ilegal yang telah ditertibkan Geosite Open Pit Nam Salu.

"Kemarin, Jumat (20/5/2022), kami sudah menertibkan tambang-tambang ilegal di geosit ini," katanya.

Ia menyatakan dibutuhkan pengembangan di geosite yang ada di kawasan Geosite Open Pit Nam Salu, untuk mendukung semangat pengembangan dalam jangka panjang dan meningkatkan kunjungan wisatawan."Saat ini kegiatan pengembangan ini terbentur, karena harus berkoordinasi dengan pihak UNESCO dan diharapkan pengembangan pariwisata tersebut cukup diatur oleh pemerintah pusat," katanya pula.

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile