Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Erick Thohir Nikmati Sarapan Ombus-ombus di Tarutung

Ahad 22 May 2022 01:25 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri BUMN Erick Thohir menikmati makanan khas ombus-ombus yang dibeli dari pedagang jalanan di Tarutung, Sumatra Utara.

Menteri BUMN Erick Thohir menikmati makanan khas ombus-ombus yang dibeli dari pedagang jalanan di Tarutung, Sumatra Utara.

Foto: Instagram Erick Thohir
Ombus-ombus adalah makanan khas Siborongborong, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pengusaha yang sukses, Erick Thohir tentunya terbiasa dengan segala yang mewah, termasuk dalam hal makanan. Namun kenyataannya tidak demikian. Menteri BUMN Erick Thohir betul-betul melakoni peribahasa yang berbunyi, "Di mana langit dijunjung, di situ bumi dipijak". 

Artinya, ke mana pun pergi, harus menyesuaikan diri dengan keadaan dan situasi setempat. Erick Thohir melakukannya saat mengunjungi Sumatra Utara, terutama di Tarutung. Ia tidak hanya datang begitu saja ke wilayah tersebut, tetapi juga mencoba makanan khas setempat yang disebut ombus-ombus. 

Baca Juga

Erick Thohir memperlihatkan dia menikmati Ombus-ombus di akun Instagramnya, @erickthohir pada Jumat (20/5). "Sarapan ombus-ombus bersama teman-teman. Makanan khas Siborongborong yang artinya “mengembuskan.” Kuenya panas, jadi kita embus dulu sebelum disantap," tulis Erick Thohir pada unggahannya tersebut.

Erick Thohir membeli ombus-ombus di pinggir jalan. Dia mengambil satu mmbus-ombus lalu membuka dan menggigitnya. "Kelapa ya?" tanya Erick Thohir. 

"Iya Pak, pake gula merah Pak," jawab bapak penjual mmbus-ombus yang mengenakan batik biru lengan panjang. "Kelapa, gula merah, sama ketan," timpal Erick Thohir. 

"Iya Pak," sahut penjual itu manjawab Erick Thohir yang terus menghabiskan ombus-ombus di tangannya. 

"Ya udah diboronglah sama Pak Arya (Sinulingga, staf khsus Menteri BUMN, Red). Ya udah semua dibagi-bagi. Abis ini langsung pulang," kata Erick Thohir.

Kemudian, Erick Thohir "mewawancarai" bapak penjual Ombus-ombus tersebut. "Coba gimanakesannya diborong sama Pak Arya?" tanya Erick Thohir. 

"Terima kasih Bapak Arya, Bapak Menterinya. Semoga lanjut kerjanya, siap bapak ya," jawab bapak penjual ombus-ombus itu sambil ditepuk-tepuk bahunya oleh Erick Thohir.

Erick Thohir kemudian membagikan ombus-ombus yang dibungkus dalam kertas koran kepada orang-orang yang melihat dia memborong ombus-ombus. Mereka mengambil ombus-ombus itu satu per satu. 

"Jadi presidenlah pak ya," kata seorang pria yang mengenakan kaus putih berlapis jaket kulit hitam kepada Erick Thohir disambut tawa rekan-rekannya.

Mendengar itu Erick Thohir menjawab singkat, "Presiden Inter Milan," sambil terus membagikan ombus-ombus dalam bungkusan kertas koran di tangannya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile