Rabu 25 May 2022 05:10 WIB

Senator Berharap Anies Tampilkan Seni Kuda Lumping di Ajang Formula E

Formula E diharapkan berdampak bagi sektor pariwisata daerah

Red: Muhammad Subarkah
Empat senator DPD mengunjungi sirkuit balap formula E di Ancol.
Foto: Abdul Kholik
Empat senator DPD mengunjungi sirkuit balap formula E di Ancol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para Senator DPD berpandangan penyelenggaraan lomba balap mobil formula E ini merupakan event yang sangat penting dan akan berdampak besar bagi ekonomi. Nama besar bangsa dipertaruhkan di mata dunia internasional. Ajang ini harus juga dipakai sebagai ajang promosi kebudayaan daerah, misalnya salah satunya kuda lumping.

“Semua komponen bangsa harus mensukseskan Formula E. Pak Presiden Jokowi saja sudah meninjau langsung dan memberikan dukungan, maka tidak alasan untuk masyarakat selain mendukung penuh dan menyukseskan event ini,’’ kata Senator Jateng, DR Abdul Kholik, Kamis (24/5/2022).

Senator asal Jawa Tengah, Abdul Kholik, misalnya mengusulkan sirkuit yang dibangun memang tampak memiliki keterkaitan dengan Jawa Tengah. Hal ini karena bentuknya yang menyerupai kuda lumping, suatu kesenian tradisonal yang mengakar kuat di wilayah asalnya. 

Baca juga : Jubir PSI Kritik Anies karena Formula E Banyak Ditonton Warga Asing

“Jadi kami juga merasa ikut memiliki sirkuit ajang balap Formula E karena bentuk jalurnya berbentuk kuda lumping yang merupakan  kesenian Jateng. Lebih dari itu kami berharap event ini meningkatkan pariwisata Jateng. Maka kami berharap agar kesenian kuda Lumping bisa ditampilkan dalam rangkaian ajang formula E,’’ ujarnya.

Sejumlah senator Kamis pekan lalu (19/5/2022), mengunjungi Sirkuit Formula E yang berlokasi di Kawasan Ancol Jakarta Utara. Tampak hadir senator Jawa Tengah Abdul Kholik, Hilmi Muhamad (Dearah Istimewa Yogyakarta), Bambang Santoso (Bali), dan senator Dailamy Firdaus dari DKI Jakarta yang menjadi tuan rumah.  Para senator tersebut terkesan dengan sirkuit yang menjadi ajang balap mobil yang menggunakan kendaraan Listrik  ramah lingkungan.

Senada dengan Kholik, Senator Bali H Bambang Santoso yang menyoroti pembangunan sirkuit yang seratus persen oleh anak-anak bangsa sendiri. Ia pun berharap ke depan Bali juga dapat meningkatkan pariwisatanya dengan menggelar event lomba balap mobil dan punya sirkuit. “Akan semakin lengkap dan meningkatkan daya tarik wisata Bali. Formula E ini juga berpotensi meningkatkan kunjungan wisata ke Bali.”

Baca juga : Polda Metro Upayakan tak Ada Penutupan Jalan Saat Gelaran Formula E

Bagi Senator DIY, Hilmi Muhamamad pun berharap event formula E berdampak posistif bagi pariwisata DIY. “Kami sudah memiliki Bandara Yogyakarta international airport (YIA) yang baru yang memudahkan akses ke Jogja. Sehingga kami berharap akan mendapatkan limpahan kunjungan wisatawan dari Jakarta. Maka diperlukan kebersamaan dan saling memberikan akses promosi wisata bagi daerah,’’ katanya.

Senator DKI Dailamy Firdaus selaku tuan rumah serta  segenap penyelenggara Formula E yang diwakili Jakpro menyambut baik kunjungan para Senator itu. Dia berharap dapat menjalin kolaborasi dengan para Senator yang berasal dari berbagai daerah. 

“Terbuka peluang untuk kerjasama promosi wisata daerah, sehingga potensi destinasi wisata Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia dan mengundang lebih banyak lagi wisatawan ke berbagai daerah di Indonesia,’’ kata Dailamy Firdaus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement