Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ini Dia Pohon Tertinggi di Dunia, Setinggi Gedung 35 Lantai

Rabu 25 May 2022 09:46 WIB

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih

Pohon redwood pantai (Sequoia sempervirens) yang menjulang di atas garis pantai Taman Nasional Redwood yang diselimuti kabut di California Utara.

Pohon redwood pantai (Sequoia sempervirens) yang menjulang di atas garis pantai Taman Nasional Redwood yang diselimuti kabut di California Utara.

Foto: Sundry Photography/Getty Images via live scie
Redwood pantai memiliki rentang hidup hingga 2.000 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu makhluk hidup yang paling indah dan menakjubkan di dunia adalah pohon. Beberapa di antara pohon memiliki ukuran yang sangat besar. Namun, mana yang paling tinggi?

Pohon tertinggi di Bumi adalah pohon redwood pesisir (Sequoia sempervirens) yang menjulang di atas garis pantai Taman Nasional Redwood yang diselimuti kabut di California Utara. 

Baca Juga

Menurut Guinness World Records, raja raksasa ini adalah pohon yang dikenal sebagai Hyperion. Tingginya mencapai 380 kaki, 9,7 inci (116,07 meter) dari atas ke bawah ketika terakhir kali diukur pada 2019, lebih tinggi dari gedung 35 lantai.

Lokasi spesifik Hyperion tidak diketahui, namun diperkirakan berakar di lereng di mana sebagian besar redwood pesisir tua telah ditebang. Hyperion telah berhasil menghindari gergaji mesin. Pohon itu diperkirakan berusia antara 600 dan 800 tahun.

Dilansir dari Live Science, pencakar langit hidup pertama kali terlihat pada tahun 2006 oleh Chris Atkins dan Michael Taylor, yang merupakan bagian dari tim peneliti yang mencari pohon tertinggi di hutan California pada saat itu. 

Pohon itu sedikit lebih pendek pada saat itu, dengan tinggi 379 kaki, 1,2 inci (115,5 m). Sekitar waktu yang sama, pohon tertinggi kedua dan ketiga ditemukan: Helios, yang tingginya 376,3 kaki (114,7 meter), dan Icarus, yang tingginya 371,2 kaki (113,1 meter).

"Meskipun mereka berada di lereng yang curam, mereka tumbuh di habitat kayu merah terbaik di planet ini," kata Atkins. 

"Mereka tepat di bawah punggung bukit, jadi mereka terlindung dari angin. Mereka' dekat air yang melimpah, dan mereka memiliki banyak kabut, yang membuat iklim mikro lokal tetap sejuk dan lembab. Mereka memiliki paparan sinar matahari yang bagus," ucap dia.

 

Pohon tertinggi, terkuat dan tahan terhadap perubahan iklim.... (halaman kedua)

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile