Tipu Daya Setan Dikalahkan Orang Beriman dan Bertawakal

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

 Sabtu 28 May 2022 11:00 WIB

Tipu Daya Setan Dikalahkan Orang Beriman dan Bertawakal. Foto: Penerapan protokol kesehatan saat beribadah di masjid. Ilustrasi Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Tipu Daya Setan Dikalahkan Orang Beriman dan Bertawakal. Foto: Penerapan protokol kesehatan saat beribadah di masjid. Ilustrasi

Orang beriman dan bertawakal kalahkan tipu daya setan.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menjelaskan bahwa tipu daya atau godaan setan tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam Surah An-Nahl Ayat 99 dan tafsirnya.

اِنَّهٗ لَيْسَ لَهٗ سُلْطٰنٌ عَلَى الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ

Baca Juga

Sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan. (QS An-Nahl: 99)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menjelaskan bahwa dengan memohon perlindungan secara tulus, Allah pasti akan melindungimu. Sungguh, setan itu dengan segala bisikan, rayuan, dan godaannya tidak akan berpengaruh negatif terhadap orang yang beriman dengan mantap dan bertawakal kepada Tuhan, sebagai Pemelihara, Penjaga dan Pelindung mereka.

Dalam ayat ini, Allah SWT menerangkan bahwa setan tidak punya pengaruh terhadap orang-orang yang beriman, orang-orang yang berserah diri kepada Allah SWT, serta sabar dan tawakal menahan derita dalam perjuangan menegakkan agama.

Mereka mampu melawan godaan setan dan menolak untuk mengikuti langkah-langkahnya dan menjadi pengikutnya.

Berkat cahaya iman dalam dada mereka, tipu daya setan itu dapat mereka ketahui dan atasi. Setan itu hanya berpengaruh atas orang-orang yang sudah patuh ke dalam wilayah kekuasaannya, orang-orang yang memandang setan itu sebagai pemimpin lalu mencintainya dan mengikutinya serta mematuhi segala perintahnya. Karena tipu daya dan godaan setan itu, mereka akhirnya mempersekutukan Tuhan atau menyembah setan di samping menyembah Allah SWT.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id