Ahad 29 May 2022 00:36 WIB

Ini Fakta-Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions

Liverpool dan Real Madrid akan bertarung memperebutkan trophy Liga Champions

Red: Bayu Hermawan
Real Madrid Vs Liverpool.
Foto: Republika.
Real Madrid Vs Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Stadion Parc des Prince akan menjadi medan 'pertempuran' dua tim paling impresif musim ini di final Liga Champions. Mereka adalah Liverpool dan Real Madrid, yang kembali bertemu di partai puncak kompetisi tertinggi antarklub Eropa ini setelah 2018.

Berikut data dan fakta jelang pertandingan, dikutip dari laman resmi UEFA, Ahad (29/5) :

Baca Juga

- Kedua tim akan bertemu untuk ketiga kalinya di final Liga Champions, setelah saling berhadapan pada 1981 dan 2018. Ini menjadi pertemuan dua tim yang sama di final terbanyak di kompetisi ini.

- Real Madrid telah memenangkan tujuh pertandingan final terakhir mereka di Liga Champions sejak 1981, ketika kalah dari Liverpool di Paris 41 tahun silam.

- Paris menjadi tuan rumah final Liga Champions 47 tahun lalu, dengan gol babak kedua dari Franz Roth dan Gerd Muller memastikan kemenangan Bayern melawan Leeds di Parc des Princes.

- Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, memegang rekor pelatih terbanyak yang tampil ke fina Liga Champions dengan lima kali. Pelatih berusia 62 tahun itu berharap bisa mengangkat trofi untuk keempat kalinya, dan menjadi pelatih pertama yang melakukannya.

- Ancelotti hanya sekali gagal di final Liga Champions, ketika Milan dikalahkan Liverpool secara dramatis pada 2005. Milan sempat unggul 3-0 di babak pertama, sebelum the Reds menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di babak kedua. Liverpool akhirnya menang adu penalti dalam pertandingan di Istanbul. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ اِنْ كَانَ اٰبَاۤؤُكُمْ وَاَبْنَاۤؤُكُمْ وَاِخْوَانُكُمْ وَاَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيْرَتُكُمْ وَاَمْوَالُ ِۨاقْتَرَفْتُمُوْهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسٰكِنُ تَرْضَوْنَهَآ اَحَبَّ اِلَيْكُمْ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَجِهَادٍ فِيْ سَبِيْلِهٖ فَتَرَبَّصُوْا حَتّٰى يَأْتِيَ اللّٰهُ بِاَمْرِهٖۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفٰسِقِيْنَ ࣖ
Katakanlah, “Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.

(QS. At-Taubah ayat 24)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement