Senin 30 May 2022 09:29 WIB

NASA Targetkan 19 Juni untuk Uji Penting Roket Bulan Artemis 1

Roket SLS tiga kali mengalami kegagalan uji coba pengisian bahan bakar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Dalam foto yang disediakan oleh NASA ini, roket Space Launch System dengan pesawat ruang angkasa Orion berdiri di atas peluncur bergerak di Launch Complex 39B, Senin, 4 April 2022, saat tim peluncuran Artemis I melakukan tes gladi bersih di Kennedy Space Center NASA di Florida.
Foto: Joel Kowsky/NASA via AP
Dalam foto yang disediakan oleh NASA ini, roket Space Launch System dengan pesawat ruang angkasa Orion berdiri di atas peluncur bergerak di Launch Complex 39B, Senin, 4 April 2022, saat tim peluncuran Artemis I melakukan tes gladi bersih di Kennedy Space Center NASA di Florida.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Badan Antariksa Amerika (NASA) berencana mengambil celah lain pada tes pengisian bahan bakar penting dari megaroket Space Launch System (SLS) pada 19 Juni. SLS akan memulai debutnya pada misi Artemis 1 yang akan datang, yang akan mengirim kapsul Orion tanpa awak dalam perjalanan mengelilingi bulan.

Namun, sebelum Artemis 1 dapat lepas landas, SLS dan Orionnya harus menyelesaikan serangkaian tes pra-peluncuran penting yang dikenal sebagai “latihan pakaian basah” (wet dress rehearsal).

Baca Juga

Dilansir dari Space, Ahad (29/5/2022), mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mulai meluncurkan Artemis 1 dari Vehicle Assembly Building (VAB) yang besar di Kennedy Space Center (KSC) NASA di Florida untuk meluncurkan Pad 39B di sekitar tengah malam EDT (04.00 GMT) pada 6 Juni.

Ini bukan peluncuran pertama Artemis 1. Peluncuran pertama NASA dengan wet dress Artemis 1 dimulai pada 1 April, sekitar dua pekan setelah roket bulan diluncurkan dari VAB. Mengikuti lini masa yang sama untuk checkout kendaraan di pad kali ini, pejabat NASA mengatakan mereka berharap untuk memulai wet dress sekitar 48 jam pada 19 Juni.

Beberapa masalah teknis muncul di pad selama wet dress bulan lalu. Masalah yang muncul termasuk katup yang macet dan kebocoran hidrogen di salah satu jalur “umbilical” yang menghubungkan SLS ke menara peluncuran selulernya. Tim Artemis 1 mencoba mengisi bahan bakar SLS tiga kali tetapi akhirnya tidak berhasil. Akhirnya, SLS dikembalikan lagi untuk diperbaiki pada 25 April.

Pejabat NASA menguraikan beberapa perbaikan ini selama panggilan Jumat (27/5/2022). Untuk umbilical yang bocor, misalnya, ditemukan bahwa baut flange secara tidak sengaja kendor, merusak segel.

“Segel itu menua seiring waktu,” jelas John Blevins, kepala insinyur untuk program SLS di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA di Alabama.

Blevins menyatakan keyakinannya dalam pekerjaan perbaikan, mengatakan bahwa anggota tim Artemis 1 telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah kebocoran.

Katup periksa helium dan perangkat keras terkait diganti pada tahap atas SLS, yang disebut Tahap Propulsi Kriogenik Interim (ICPS). Modifikasi juga dilakukan pada ICPS umbilical boots, yang terlibat dalam pemutusan cepat antara SLS dan menara peluncuran seluler selama lepas landas. Detektor kebocoran tambahan juga ditambahkan ke komponen sistem yang bertanggung jawab untuk menangani hidrogen cair.

Jika wet dress berjalan dengan baik kali ini, tim Artemis 1 dapat mulai bersiap untuk peluncuran yang sebenarnya. Pejabat NASA telah mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk meluncurkan Artemis 1 Agustus ini, meskipun mereka tidak akan menetapkan tanggal target resmi sampai wet dress selesai dan semua data telah dianalisis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement