Sabtu 25 Jun 2022 01:07 WIB

Irena Handono, Temukan Islam Saat Jalani Pendidikan Biarawati 

Irena Handono adalah pendiri Irena Center, sebuah sekolah Islam untuk para mualaf.

Red: Ani Nursalikah
Irena Handono, Temukan Islam Saat Jalani Pendidikan Biarawati 
Foto:

Keputusannya menjadi seorang biarawati membuat orang tuanya terkejut. Irena adalah anak perempuan satu-satunya dari lima bersaudara. Karena itu mereka berharap bisa membuat Irena tetap dekat dengan mereka. Namun ketika melihat tekadnya, orang tua Irena mendukung keinginannya.

Irena tidak menemui kesulitan ketika mengawali kiprahnya dengan magang. Ia bahkan dipilih untuk pelatihan khusus di luar biara. Di sana, ia belajar tentang perbandingan agama di institut teologi filosofis. Kala itu, ia memilih fokus pada Islamologi.

"Itulah pertama kalinya saya belajar tentang Islam selain fakta saya lahir di negara Muslim terpadat di dunia," ujarnya.

Di situlah ia menemukan prasangka yang sama tentang Muslim yang juga ada di komunitasnya, seperti miskin, tidak berpendidikan, tidak beradab. Karena baru berusia 20 tahun, ia tidak bisa menerima itu. Irena lantas mencoba menelitinya sendiri.

Ketika belajar tentang negara lain, sebagian besar negara mayoritas non-Muslim, ia menemukan negara lain memiliki masalah yang sama dengan kemiskinan dan pendidikan seperti di Indonesia. Saat itu yang ia temukan serupa adalah India, China, Filipina, Italia, dan banyak negara di Amerika Selatan.

Irena kemudian menemui dosennya dan mempresentasikan fakta-faktanya. Ia meminta izin belajar tentang Islam dan dosennya pun memberinya izin. Akan tetapi, tujuannya mempelajari Islam itu harus menemukan kekurangan, kesalahan, dan kelemahan Islam.

Mulailah Irena dengan misinya, ia mengambil Alquran dan niatnya menemukan semua yang bisa ia gunakan untuk melawan Islam. Irena membuka Alquran dengan terjemahan dan mulai membaca. Ia baru mengetahui Alquran seharusnya dibaca dari kanan ke kiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement