Selasa 07 Jun 2022 13:42 WIB

Harga Daging Sapi di Pasar Slipi Masih Rp 150 Ribu Per Kilogram

Belum kembali ke harga sebelum lebaran karena dari RPH memang masih tinggi.

Red: Andi Nur Aminah
Pedagang menggantung daging sapi jualannya (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Rahmad
Pedagang menggantung daging sapi jualannya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga daging sapi di Pasar Slipi, Jakarta Barat masih Rp 150 ribu per kilogram (kg). Pasokan komoditas itu ke pedagang dari rumah potong hewan (RPH) masih relatif tinggi meski Lebaran Idul Fitri sudah berlalu sebulan lebih.

"Dari kemarin sampai sekarang masih di angka Rp 150 ribu per kilogram. Belum kembali ke harga sebelum Lebaran karena dari RPH memang masih tinggi," kata salah seorang pedagang daging sapi di Pasar, Slipi, Ade, Selasa (7/6/2022). 

Baca Juga

Ade mengatakan semula harga daging sempat menyentuh angka Rp 170 ribu per kilogram beberapa hari sebelum Lebaran. Setelah Lebaran, harga mulai turun, namun tidak terlalu jauh hingga akhirnya terhenti di angka Rp 150 ribu per kilogram.

Padahal, lanjut Ade, harga normalnya hanya mencapai Rp 120 ribu per kilogram. "Kalau harga tetap di Rp 150 ribu, kita juga susah jualnya. Sedangkan stok daging yang belum terjual masih banyak," kata dia.

Oleh karena itu, dia berencana akan menjual dengan harga murah demi menghabiskan stok daging yang ada. "Ya bakal jual murah pada akhirnya. Biar modal balik aja, sudah tidak cari untung lagi," jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan pedagang daging yang lain, Baari. Dia mengaku sulit untuk menjual daging sapi Rp 150 ribu per kilogram. "Biasanya saya bisa jual 20 sampai 30 kilogram per hari. Kalau sekarang jual 10 kilogram saja susah," kata dia.

Akibatnya, omset penjualan Baari turun hingga 50 persen. Dia berharap pemerintah campur tangan untuk menurunkan harga daging dari RPH. Di saat yang sama, Kepala Pasar Slipi, Hendra Silalahi, mengaku sudah melakukan upaya guna memudahkan warga membeli daging dengan harga murah. Upaya yang dilakukan adalah memastikan stok daging sapi di Mini Distributor Center (Mini DC) tersedia. "Kita pastikan stok tersedia walaupun terbatas," kata Hendra.

Per kilogramnya, daging sapi di Mini DC dibandrol dengan harga Rp 35 ribu. Walau demikian, tidak semua warga bisa membeli daging di Mini DC. Hanya warga yang memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP) saja yang bisa belanja di Mini DC.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلِيَعْلَمَ الَّذِيْنَ نَافَقُوْا ۖوَقِيْلَ لَهُمْ تَعَالَوْا قَاتِلُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ اَوِ ادْفَعُوْا ۗ قَالُوْا لَوْ نَعْلَمُ قِتَالًا لَّاتَّبَعْنٰكُمْ ۗ هُمْ لِلْكُفْرِ يَوْمَىِٕذٍ اَقْرَبُ مِنْهُمْ لِلْاِيْمَانِ ۚ يَقُوْلُوْنَ بِاَفْوَاهِهِمْ مَّا لَيْسَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ ۗ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا يَكْتُمُوْنَۚ
Dan untuk menguji orang-orang yang munafik, kepada mereka dikatakan, “Marilah berperang di jalan Allah atau pertahankanlah (dirimu).” Mereka berkata, “Sekiranya kami mengetahui (bagaimana cara) berperang, tentulah kami mengikuti kamu.” Mereka pada hari itu lebih dekat kepada kekafiran dari pada keimanan. Mereka mengatakan dengan mulutnya apa yang tidak sesuai dengan isi hatinya. Dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan.

(QS. Ali 'Imran ayat 167)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement