Rabu 08 Jun 2022 09:14 WIB

Ini Tiga Hal Paling Ampuh Turunkan Berat Badan

Ada tiga hal yang bisa membuat berat badan turun dan tubuh lebih sehat.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Ada tiga hal yang bisa membuat berat badan turun dan tubuh lebih sehat.
Foto: www.freepik.com
Ada tiga hal yang bisa membuat berat badan turun dan tubuh lebih sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jadwal makan yang konsisten menjadi salah satu cara menurunkan berat badan paling sehat. Kemudian dibarengi olahraga dan tidur yang cukup. Dengan demikian, ini membantu metabolisme yang lebih kuat, untuk makan sarapan pada waktu yang tepat setiap hari.

Para ahli menjelaskan, dengan melakukan itu semua dapat membantu tubuh merasa nyaman sehingga menyesuaikan diri dengan rutinitas yang sehat. Ahli Gizi Olahraga ISSN, Melissa Morris, dan Ahli Diet, Trista Best, yang memaparkan dua tips sarapan tepat waktu.

Baca Juga

Tips pertama, makanlah dalam rentang waktu delapan jam, termasuk sarapan. Sebagai bagian dari teknik yang disebut puasa intermiten, Morris menjelaskan, penurunan berat badan yang sehat dapat dicapai dengan makan tiga kali (termasuk sarapan) selama delapan jam setiap hari.

Dalam 16 jam lainnya, kita berpuasa atau tidak makan saat tidak lapar atau saat tidur. Dan ini cara yang jauh lebih sehat untuk mengevaluasi kembali diet, tanpa pembatasan yang berbahaya atau membuat stres.

“Hal yang hebat tentang puasa intermiten adalah cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan preferensi dan gaya hidup kita,” kata Morris dilansir dari SheFinds, Rabu (8/6/2022).

Morris mencatat, metode paling umum untuk puasa intermiten disebut 16:8. Ini berarti, puasa atau tidak makan selama 16 jam setiap hari, dan makan selama delapan jam setiap hari. 

“Kita juga bisa memulai dan menghentikan periode puasa dan periode makan, pada waktu yang paling sesuai untuk kita,” ujar dia.

Dan tips kedua, makanlah makanan gizi seimbang setiap pagi. Berada di jendela makan memang penting untuk penurunan berat badan yang efektif, namun penting juga untuk menyiapkan makanan gizi seimbang untuk memulai hari. “Harus diingat, tetap memasukkan makanan gizi seimbang,” tutur Best.

Saat memutuskan apa yang akan dimakan saat sarapan, ia menyarankan memilih sarapan gandum utuh dan protein yang dapat membantu mengurangi lemak. Karena itu semua bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. 

“Ini akan mencegah makan berlebihan sepanjang pagi dan memberi sarapan padat nutrisi,” ujar Best.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement