Senin 13 Jun 2022 07:42 WIB

Sandiaga Ingatkan Wisatawan Waspada Sub-Varian Omicron

Saat ini ditemukan sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ilham Tirta
Menparekraf Sandiaga Uno.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Menparekraf Sandiaga Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat waspada Covid-19. Hal itu terkait ditemukannya sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 yang dikonfirmasi sudah masuk Indonesia termasuk di Bali.

"Ini yang sekarang kita evaluasi dan tentunya menunggu identifikasi dari para ahli Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19, kita menunggu," ujar Menparekraf dalam Siaran Pers, Ahad (13/6/2022).

Baca Juga

Sandiaga meminta masyarakat waspada sambil mengikuti arahan pemerintah. Bamun, ia optimistis jika masyarakat disiplin mengikuti arahan pemerintah, maka akan bisa melewati varian baru ini seperti sebelumnya.

"Saya sampaikan selalu kita harus menjaga momentum kebangkitan ini dengan memastikan kewaspadaan kita sesuai arahan pemerintah bagaimana varian baru ini harus kita sikapi agar pandemi tetap terkendali," kata Sandiaga.

Lebih lanjut ia mengatakan, penting untuk menjaga momentum karena saat ini pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang terus tumbuh, khususnya di Bali.

Saat ini, pergerakan wisatawan nusantara ke Bali sudah mencapai 70 persen dan wisatawan mancanegara sekitar 30 persen.

"Ini yang kita akan genjot di akhir tahun, mudah-mudahan wisatawan nusantara balik 100 persen sebelum angka pandemi atau pada 2019 dan mudah-mudahan bisa mencapai 50 sampai 70 persen untuk wisatawan mancanegara. Harapannya 1,1 juta lapangan kerja tercipta sebagai bagian dari kepulihan ekonomi kita," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement