Kamis 16 Jun 2022 03:30 WIB

Mengenal Polaris, Bintang Utara yang Selalu Diam di Langit

Polaris menempati urutan ke 50 sebagai bintang yang paling terang.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Langit malam berbintang/ilustrasi
Foto: Pixabay
Langit malam berbintang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polaris dikenal sebagai bintang utara. Polaris selalu diam, tidak bergerak di langit. Kenapa bisa begitu? Hal ini lantaran Polaris terletak begitu dekat dengan kutub langit utara, poros yang mengelilingi seluruh langit utara. 

Polaris juga bukanlah bintang paling terang di langit malam. Bintang ini menempati urutan ke 50 sebagai bintang yang paling terang. Meski begitu, Polaris mudah dikenali. Polaris akan bersinar di langit utara setiap malam dari lokasi di Belahan Bumi Utara.

Baca Juga

Dilansir dari Earth Sky, Polaris adalah rasi bintang yang menandai arah utara. Tangan kanan akan mengarah lurus ke timur dan tangan kiri akan mengarah ke barat saat menghadap Polaris dan merentangkan tangan ke samping. Anda akan langsung menuju selatan jika berbelok dari Polaris. Polaris terkenal karena berbagai alasan. Salah satunya karena bintang itu hampir tidak bergerak saat bintang-bintang lain berputar di sekitarnya.

Sejarah Polaris

Polaris tidak selalu menjadi Bintang Utara, dan tidak akan selamanya menjadi Bintang Utara. Ketika orang Mesir membangun piramida, Bintang Utara adalah bintang terkenal yang disebut Thuban di konstelasi Draco the Dragon.

Polaris kita saat ini adalah Bintang Utara yang bagus karena merupakan bintang paling terang ke-50 di langit. Ketika orang Eropa pertama kali berlayar melintasi Atlantik hampir lima abad yang lalu, Polaris menjadi penunjuk arah utara. 

Penunjukkan Polaris sebagai Bintang Utara akan berlangsung selama ribuan tahun yang akan datang. Pada tanggal 24 Maret 2100, Polaris akan menjadi objek yang paling dekat dengan kutub utara langit, titik di langit tepat di atas sumbu rotasi utara Bumi. 

Polaris adalah rasi bintang tiga

Polaris adalah sistem bintang tiga, atau tiga bintang yang mengorbit pada pusat massa bersama. Polaris A bintang pusat, adalah supergiant dengan massa hampir enam kali lipat dari matahari kita. Polaris Ab mitra dekat, mengorbit Polaris sejauh 2 miliar mil. 

Karena sangat dekat dengan Polaris, tidak mungkin melihat bintang ini sekilas. Polaris B bintang ketiga, berada lebih jauh.

Polaris adalah bintang fana, dimana setiap empat hari berfluktuasi antara magnitudo 1,86 dan 2,13. Variabilitas ini telah turun dari sepuluh persen menjadi dua persen dalam beberapa dekade terakhir, kemudian meningkat menjadi empat persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement